prestasi manchester united

Beberapa tahun terakhir ini bisa dikatakan jadi tahun-tahun yang kelam bagi raksasa Premier League, Manchester United sebagaimana mereka kesulitan untuk bersaing memperebutkan gelar juara, entah di pentas Domestik terlebih Eropa. Bahkan, jangankan untuk ikut bersaing dalam perburuan gelar juara, tim berjuluk Setan Merah tersebut juga kesulitan untuk finish di empat besar klasemen sementara Liga Inggris.

Tapi bagaimanapun, sebuah fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa Manchester United merupakan salah satu tim tersukses dalam sejarah Liga Inggris. Mereka telah mencatatkan banyak sekali prestasi mentereng , terutama di ranah Inggris. Apa saja ? Inilah Sederet Prestasi Manchester United di Inggris.

Pemegang Gelar Liga Inggris Terbanyak

manchester united juara liga inggris

Ya, sampai detik ini faktanya Manchester united adalah salah satu klub pemegang gelar juara Liga Inggris terbanyak dalam sejarah, terhitung sejak kompetisi utama negeri Ratu Elizabeth tersebut mengusung format baru bernama ‘Premier League’ di tahun 1992 sampai sekarang. Total sudah 13 gelar juara liga Primer Inggris dikoleksi tim yang bermarkas di Old Trafford ini. Pertama kali mereka memenangkan gelar tersebut di musim pertama Premier League, 1992-1993 dibawah arahan pelatih legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson. Terakhir kali juga memenangkan kompetisi ini di bawah arahan manajer yang sama, tepatnya pada musim 2012-13 lalu. Sedangkan saat Premier League masih dikenal dengan sebutan First Division, Manchester United mengoleksi 7 gelar juara.

Baca juga:   Mewahnya Gaya Hidup Pemain Liga Inggris

Dalam sejarahnya, hanya Manchester United yang bisa memenangi tiga gelar juara Liga Primer Inggris secara beruntun, tepatnya di musim 1998/99, 1999/2000 dan musim 2000/01.

Juara Terbanyak Kedua di Ajang Piala FA

Setelah Premier League, FA Cup atau Piala FA adalah kompetisi major kedua di Inggris, dan dalam kompetisi yang satu ini, Manchester United juga berkuasa, dimana mereka berhasil memenangkan 12 gelar juara piala FA. Dengan jumlah tersebut, Setan Merah hanya kalah satu trofi saja dari salah satu rivalnya, Arsenal yang telah mengoleksi 13 gelar, sehingga di juluki sebagai tim peraih piala FA terbanyak. Adapun terakhir kali Manchester United menjuarai trofi Piala FA adalah di musim 2015/16, dibawah arahan Louis Van Gaal.

Berbeda dengan gelar Premier League, Manchester united tidak pernah memenangkan gelar Piala FA tiga kali beruntun, bahkan mereka tidak pernah memenangkannya dua kali secara beruntun. Hanya Arsenal yang berhasil mencatatkan rekor hattrick Piala FA saat masih ditangani Arsene Wenger.

Prestasi Manchester United di Piala Liga & Community Shield

MU juara Community Shield

Piala Liga dan FA Community Shield dianggap sebagai kejuaraan major ketiga di Inggris, meski begitu Manchester United tetap selalu menatap serius peluang juara pada kompetisi tahunan ini. Hanya saja, mereka tidak terlalu sukses di Piala Liga dengan hanya mengoleksi 6 gelar juara saja, terakhir kali di tahun 2017 dibawah arahan Jose Mourinho. Sementara gelar pertama di ajang tahunan ini mereka menangkan pada tahun 1992.

Baca juga:   Sejarah Liga Inggris Yang Wajib Di Ketahui

Sedangkan FA Community Shield adalah gelar juara yang diperebutkan juara Liga Primer Inggris melawan Juara Piala FA. Disini, Manchester United mengoleksi 21 gelar juara, empat diantaranya adalah gelar yang ‘dibagi’. Gelar pertama di pentas yang digelar pada awal musim ini dimenangkan Manchester United pada tahun 1908, sedangkan yang terakhir atau yang terbaru dimenangkan saat mengalahkan juara Liga Primer Inggris musim 2015/16 Leicester City, dibawah arahan jose Mourinho.

Demikianlah sejumlah prestasi mentereng Manchester United di Inggris sejauh ini, sayangnya sejak ditinggakan Sir Alex Ferguson pada tahun 2013 silam, klub berjuluk Setan Merah ini seolah kesulitan mengulang kembali kisah sukses mereka, meski sudah beberapa kali berganti pelatih.