tips dan trik melatih fisik pemain bola profesional

Tips Melatih Fisik Agar Menjadi Pemain Bola Profesional

Menjadi seorang pemain sepakbola professional yang hebat memang butuh perjuangan yang tidak mudah, ada banyak hal yang harus dilakukan, dan semuanya tidak melulu soal keahlian menggiring bola atau mencetak gol. Mengingat luas lapangan yang mengharuskan kita terus berlari, dan lama pertandingan 2×45 menit dengan istirahat yang singkat, kekuatan fisik juga menentukan performa seorang pemain professional di atas lapangan.

Kurang persiapan Fisik Dapat Mempengaruhi Performa

Fisik dan Mental adalah dua hal yang sangat dibutuhkan seorang pemain professionaluntuk bisa dikatakan siap bermain dalam sebuah pertandingan. Ketika fisik seorang pemain kurang bagus, maka akan sangat mempengaruhi performanya di atas lapangan, entah penguasaan bola kurang, umpan kurang matang, bahkan mudah mendapat cedera, dan mudah lelah. Hal yang sama juga bisa menimpa seorang penjaga gawang, meskipun area berlari mereka lebih kecil dibandingkan pemain lain. Karenanya, latihan fisik adalah hal penting yang harus dilakukan seorang pemain professional sebelum pertandingan.

Cara Latihan Fisik Yang Benar Untuk Pemain Bola

cara latihan fisik pemain sepakbola profesional

Latihan fisik untuk menjadi seorang pemain professional atau mungkin sudah menjadi pemain professional sangatlah penting dilakukan, walau begitu latihan fisik juga tidak bisa sembarangan, atau seperti yang kita bayangkan. Nah, berikut ada beberapa tips latihan fisik agar menjadi pemain profesional.

  • Melatih Kekuatan Fisik Pemain Bola
Baca juga:   Inilah Perbedaan Sepakbola dan Futsal

Untuk melatih fisik, kekuatan setiap bagian tubuh perlu diperhatikan seorang pemain profesional, dan untuk masing-masing bagian tubuh, ada gerakan tertentu yang bisa dilakukan. Melatih otot kaki, kita bisa melakukan Squat Jump dan Squat thrust, sedangkan untuk melatih kekuatan tangan bisa dengan push up, back up dan Pull up. Sementara untuk melatih otot pada bagian perut, kita bisa melakukan Sit Up.

  • Melatih Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh juga penting bagi fisik seorang pemain bola, untuk melatih daya tahan tubuh, ada banyak hal yang bisa dilakukan dan tergolong sebagai olahraga ringan seperti Skipping, Jogging, Twisting, Quick Starts, dan Cutting.

  • Melatih Kelenturan Tubuh

Demi menghindari kejang otot atau keram selama pertandingan, seorang pemain sepakbola harus terbiasa melatih kelenturan tubuh mereka. Untuk melatih kelenturan tubuh, kita harus membiasakan beberapa gerakan seperti mencium lutut dan sikap lilin.

  • Melatih Kecepatan
tips dan trik melatih kecepatan dalam bermain bola

Kecepatan bagi seorang pemain sepakbola professional adalah hal yang nomor satu, entah itu bagi penjaga gawang, bek, gelandang atau seorang striker sekalipun. Melatih kecepatan tentu saja bisa dilakukan dengan banyak hal seperti lari jarak pendek bolak-balik atau yang disebut dengan istilah Shuttle Run, atau bisa juga melakukan sprint jarak pendek, 100-200 meter.

  • Pendinginan
Baca juga:   10 WAGs Pemain Bola Paling Hot Saat Ini

Dalam olahraga ada istilah pemanasan, istilah ini sering kita dengar dan biasanya dilakukan seorang pemain sepakbola sebelum latihan yang sesungguhnya, atau sebelum bermain dalam sebuah pertandingan. Tapi mungkin jarang ada yang mendengar istilah pendinginan, padahal ini adalah bagian dari latihan fisik yang cukup penting, demi melenturkan otot-otot yang telah bekerja keras selama latihan. Pendinginan bisa dilakukan dengan gerakan ringan dari kepala, leher, tangan, pinggang , lutut sampai pergelangan kaki.

  • Menjaga Kebugaran Dan Asupan Tubuh
tips menjaga fisik pemain sepak bola

Dan yang terakhir adalah menjaga kebugaran serta asupan yang masuk ke dalam tubuh. Menjaga kebugaran sebenarnya cukup sederhana namun sering dilanggar oleh pemain sepakbola, seperti tidur lebih awal, karena tubuh akan bereaksi dengan baik ketika kita tertidur lebih awal dan bangun lebih pagi, biasanya waktu tidur yang baik adalah 8 jam, tidak kurang atau tidak lebih.

Sementara itu, asupan dan nutrisi yang kita konsumsi juga harus diperhatikan, hindari makanan dengan lemak atau kolesterol tinggi, justru sering-seringlah mengkonsumsi buah, susu, dan sayuran.