Sejarah Serie A Liga Italia

Ternyata Begini Sejarah Berdirinya Serie A Italia

Serie A Italia saat ini memang tidak populer seperti era 90-an dimana kompetisi utama di Italia tersebut menyita atensi para penikmat sepakbola di seluruh Dunia, termasuk Indonesia salah satunya. Banyak pemain top dunia yang berkarir disana seperti Ronaldo, Totti, Maradona, dan beberapa nama lainnya.

Meski tidak sepopuler dulu, tetap saja Serie A Italia sangat menarik untuk disaksikan, meskipun dalam tujuh tahun terakhir ini gelar juara selalu dimenangkan Juventus. Bicara soal Serie A Italia, tak lengkap rasanya jika tidak berbicara mengenai sejarah dari kompetisi tersebut sendiri.

Serie A Italia Bukan Kompetisi Sepakbola Pertama di Italia

Sejarah berdirinya Liga Italia

Walaupun Serie A Italia sudah bergulir selama hampir seabad yang lalu, tapi faktanya Serie A Italia bukanlah kompetisi sepakbola pertama di Italia. Pada tahun 1989, Asosiasi Sepakbola Italia didirikan dengan nama Federazione Italiana del Football atau disingkat FIF (Sekarang dikenal FIGC). Tapi saat itu, hanya ada empat tim yang tergabung dalam Asosiasi ini antara lain Società Ginnastica, FC Torinese , Internazionale Di Torino dan Genoa, meski demikian mereka tetap membentuk sebuah kompetisi regional yang berisikan empat peserta saja. Genoa berhasil keluar sebagai kompetisi ini usai mengalahka Torino dengan skor akhir 2-1 di babak final. Uniknya dari kompetisi Regional ini adalah, tim yang berhasil keluar sebagai juara secara otomatis melaju ke babak final pada kompetisi berikutnya.

Baca juga:   Aturan Format Terbaru Liga Champions Eropa

Seiring berjalannya waktu, kompetisi sepakbola pertama di Italia ini terus berkembang, sampai akhirnya berganti nama menjadi ‘Primer Categoria’ pada tahun 1904. Saat itu, Genoa kembali berhasil menjadi juara usai mengalahkan Juventus dengan skor akhir 1-0 di babak final. Di tahun berikutnya, FIGC yang telah diakui sebagai Asosiasi Sepakbola Resmi Italia, memutuskan bergabung dengan FIFA selaku Federasi Sepakbola dunia. Sejak saat itu juga, aturan tim juara langsung melaju ke babak final dihapuskan.

Sempat Terpisah Menjadi Dua Kompetisi

Sejarah berdirinya Serie A Italia

Karena kehadiran pemain asing atau pemain non-Italia, akhirnya banyak klub peserta kompetisi yang melakukan aksi protes, akhirnya FIGC membentuk dua kompetisi berbeda, antara lain kompetisi Campionato Federale dan Campionato Italiano. Campionato Federale adalah kompetisi khusus untuk para pemain asing, sedangkan Campionato Italiano khusus untuk pemain-pemain Italia.

Sejak saat itu, Sepakbola Italia memang mulai berkembang, tapi ada banyak konflik yang terjadi ,karena dualisme kompetisi. Bahkan, konflik yang terjadi tidak hanya antar klub saja, tapi juga pada kubu internal klub itu sendiri. Salah satunya adalah klub Milan yang akhirnya terpecah menjadi dua klub, antara lain AC Milan dan Inter Milan. Adanya konflik ini terus berlanjut sampai akhirnya pada tahun 1928 , FIGC sepakat untuk membentuk kompetisi baru dengan format baru bernama Serie A Italia.

Baca juga:   5 Klub Peraih Scudetto Terbanyak Liga Italia

Kompetisi baru bergulir di tahun berikutnya, tepatnya di tahu 1929, sedangkan pada masa transisi, kompetisi yang digelar bernama Divisione Nazionale, yang terbagi menjadi dua group, dan masing-masing group terdiri dari 16 tim.

Saat itu, setiap tim yang berhasil finish sebagai delapan besar klasemen akhir d dua group secara otomatis melangkah ke kompetisi Serie A italia musim pertama 1929/30. Kemudian, tim yang finish di posisi ke-9 sampai ke-14 harus rela bermain di Serie B, dan dua tim terbawah akan bermain di divisi tiga.

Musim Pertama Liga Italia

Sejarah Liga Italia Serie A

Pada musim pertama Serie A Italia, formatnya tidak menggunakan sistem klasemen, melainkan sistem gugur, yang pada puncaknya mempertemukan Bologna dan Torino. Bologna akhirnya berhasil keluar sebagai juara setelah Menang 3-1 pada leg pertama di kandang sendiri, dan kalah hanya 0-1 pada leg kedua di markas Torino.