stadion paling mewah di Inggris

Perkembangan Liga Primer Inggris dalam tiga dekade terakhir ini berhasil menarik para konglomerat kaya raya dari berbagai negara, menambah kedatangan para sponsor baru yang tentu saja menjadi sokongan dana yang besar bagi klub-klub disana. Tak heran jika banyak sekali klub yang memiliki stadion bola mewah di Liga Premier Inggris dengan banyak fasilitas dan kapasitas tribun yang mampu menampung puluhan ribu penonton. Diantara stadion mewah di Liga Inggris, lima berikut ini dianggap sebagai yang terbaik. Seperti apa kemewahannya ?

  • Stadion Old Trafford
Stadion paling megah di Liga Inggris

Manchester united pantas dianggap sebagai Klub terkaya di ajang Liga Primer Inggris musim ini, tak hanya terlihat dari komposisi skuat mereka yang berisikan pemain-pemain bintang dengan banderol tinggi, tapi juga dari kemewahan stadion andalan mereka, Old Trafford. Stadion yang terletak di Kota Greater Manchester ini memiliki kapasitas tribun mencapai 75.731 penonton. Dengan kapasitas tribun sebesar itu, Old trafford diklaim sebagai stadion terbesar kedua di Inggris setelah Wembley.

Adapun, tribun penonton terbagi menjadi empat, antara lain west Stand , East Stand, South Stand dan satu tribun spesial yang lebih besar dibanding tribun lainnya, Sir Alex Ferguson Stand. Bagi penonton dengan tiket VIP, di dalam Tribun Sir Alex Ferguson Stand terdapat Executive Boxes dan Hospitality Suites. Tak hanya itu, penonton yang menyambangi Old Trafford juga bisa bersantai di Red Caffe dan Museum Manchester United.

  • Stadion Etihad
Baca juga:   5 Pemain Legendaris Manchester United
Kemegahan Stadion Etihad

Masih di kota Manchester, kali ini giliran Manchester City yang memamerkan kemegahan dan kemewahan Stadion Etihad. Kedatangan konglomerat kaya raya asal Timur tengah, sepertinya benar-benar mengubah total klub ini. Tak hanya perombakan skuat yang dilakukan, tapi juga perubahan stadion. Dulunya bernama City of Manchester Stadium, kini nama markas Citizen berubah menjadi Etihad Stadium, setelah bekerja sama dengan maskapai penerbangan asal Qatar, Etihad Airways.

Terdapat banyak sekali fasilitas megah di dalam Stadion Etihad yang berkapasitas 55.097 ini, termasuk diantaranya Contactless Smartcard yang bisa digunakan pengunjung saat menyambangi Stadion sekedar untuk rekreasi. Dengan kartu tersebut, Etihad bisa dikunjungi hingga 1200 pengunjung di setiap harinya. Saking megah dan luasnya stadion yang satu ini, banyak musisi ternama yang menggelar konsernya di Etihad Stadium, seperti U2, Red Hot chilli Peppers, Bon Jovi dan masih banyak lagi.

  • Stadion Anfield
Stadion bola termegah di English Premier League

Liverpool faktanya memang kurang begitu berprestasi dalam beberapa tahun terakhir ini, meskipun musim kemarin mereka sukses melaju sampai ke final Liga champions Eropa. Namun begitu, sejarah besar klub ini memang tidak bisa dipungkiri, sampai-sampai stadion Anfield juga menjadi bagian dari sejarah besar tersebut. Kemewahan dan kapasitas Stadion Anfield sendiri memiliki bangku tribun kurang lebih 45 Ribu penonton.

Baca juga:   5 Gaji Termahal Pemain Bola Liga Inggris

Satu hal yang jadi ciri khas dari Anfield adalah plakat ‘This Is anfield’ yang ada di atas pintu lorong pemain. Adapun dua tujuan dari plakat ini adalah untuk mengintimidasi pemain lawan dan memberikan semangat kepada para pemain Tim Marseyside.

  • Stadion Stamford Bridge

Di urutan ke-4 ada markas Chelsea, Stamford Bridge yang selama ini memang dikenal sebagai salah satu stadion termegah di Liga Primer Inggris. Sama seperti old Trafford, di Stamford Bridge, pengunjung juga bisa bersantai di Museum Klub dan Cafe. Kapasitas tribun di stadion ini tak kurang dari 41 ribu kursi penonton, dan terbagi menjadi empat area tribun. Stadion Stamford Bridge sering dijadikan venue beberapa laga besar seperti final Piala FA, FA Community Shield dan beberapa pertandingan olahraga lainnya.

  • Emirates Stadium
stadion bola termewah di Inggris

Dan yang terakhir adalah Emirates Stadium, markas kebanggaan Arsenal yang bisa dikatakan sebagai salah satu ‘peninggalan’ Arsene Wenger di klub London ini. Emirates Stadium sendiri terletak di Holloway, London. Memiliki kapasitas tribun lebih dari 60 ribu kursi, stadion yang satu ini didirikan dengan biaya lebih dari 390 Juta Poundsterling. Arsenal selaku pemilik dari Stadion ini bekerja sama dengan maskapai penerbangan asal Qatar, Emirates Airways.