perbedaan sepakbola dan futsal

Di Indonesia, Sepakbola adalah salah satu olahraga paling populer yang berhasil menarik atensi banyak masyarakat, karena harus diakui olahraga yang satu ini sungguh menyenangkan, tak hanya ketika jadi tontotan, tapi juga saat dimainkan dengan rekan-rekan. Sementara futsal di satu sisi, olahraga yang sudah ada sejak tahun 1930 silam ini juga mulai banyak diminati. Bahkan, banyak kalangan artis yang meluangkan waktu untuk bermain futsal, entah sekedar hiburan dan cari keringat, atau kompetisi professional.

Sepakbola dan Futsal, Jelas Berbeda

bedanya sepakbola dengan futsal

Kendati sama-sama menarik minat banyak kalangan masyarakat, sama-sama menggunakan satu bola, ada wasit dan gawang, tapi pada kenyataannya ada perbedaan Sepakbola dan Futsal itu adalah dua olahraga sejenis namun tidak sama.

Sepakbola Ditemukan Lebih Dulu

Bicara sejarah, sepakbola adalah olahraga yang lebih dulu ditemukan, bahkan mulai abad ke 14 sebelum masehi. Sedangkan Futsal sendiri bisa dikatakan terinspirasi dari Sepakbola, baru ditemukan pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani di Uruguay. Nah, selain perbedaan sejarah dan latar belakang, ada beberapa perbedaan jelas antara Sepakbola dengan Futsal, apa saja ?

Perbedaan Aturan Waktu

Dalam sepakbola, pertandingan berlangsung selama 2×45 menit, dengan waktu istirahat selama 15 menit diantara babak pertama (45 menit) dan babak kedua (45 Menit). Sedangkan dalam Futsal sendiri, waktu yang dibutuhkan dalam sebuah pertandingan tak lebih dari 2×20 menit di masing-masing babak. Perbedaan juga terlihat di babak tambahan waktu, ketika belum ada pemenang dalam sebuah pertandingan. Di Futsal, babak tambahan waktu hanya 2×5 menit, sedangkan dalam sepakbola 2×15 menit.

Baca juga:   Aturan Lemparan Kedalam Pada Sepakbola

Perbedaan Ukuran Lapangan Bola Dengan Futsal

Sepakbola memang membutuhkan lapangan yang lebih luas dibandingkan futsal, bahkan perbandingannya mencapai tiga kali lipat. Untuk Futsal, panjang lapangannya sendiri antara 25 sampai 42 meter, sedangkan untuk lebarnya antara 15 sampai 25 Meter. Sementara lapangan sepakbola, minimum panjang lapangannya adalah 90 meter, dan maksimumnya 120 meter, sedangkan lebarnya 45 meter minimal dan 90 meter maksimal.

Tak sampai disitu, dalam sepakbola, lapangannya harus menggunakan rumput asli, sedangkan lapangan futsal boleh menggunakan rumput sintetis atau papan Vinyl.

Peraturan Bola Yang Digunakan

aturan bola yang digunakan dalam futsal

Mengingat perbedaan lapangan antara kedua olahraga ini, Praktis Aturan bola yang harus digunakan juga berbeda. Sepakbola memiliki standarnya sendiri, dimana keliling lingkaran harus diantara ukuran 68 sampai 71 cm, dengan memiliki berat antara 400 hingga 440 gram. Sedangkan bola futsal ukurannya lebih kecil, 62 sampai 64 cm dengan berat antara 396-453 gram. Tekanan bola itu juga punya standarnya sendiri, sepakbola harus memiliki tekanan antara 8 sampai 12 PSI, sedangkan futsal yang jadi bola di lapangan kecil harus memiliki tekanan 0,4 sampai 0,6 atmosfer.

Aturan Untuk Pemain Bola dan Futsal

Yang paling mencolok adalah jumlah pemain antara olahraga sepakbola dengan olahraga futsal, di Sepakbola, satu tim yang bertanding harus terdiri dari 11 pemain melawan tim lawan yang juga terdiri dari 11 pemain. Sedangkan dalam futsal, satu tim harus terdiri dari 5 pemain termasuk penjaga gawang, begitu juga dengan tim lawan.

Baca juga:   Ini Dia Wanita Cantik Yang Pernah Dekat Dengan Cristiano Ronaldo

Hal yang sama berlaku pada pergantian pemain, perbedaan jelas soal aturan ini, dimana dalam sepakbola hanya diperbolehkan tiga pergantian pemain pada umumnya, sedangkan dalam futsal, tidak ada batasan pergantian pemain.

Aturan Wasit Sepakbola dan Futsal
perbedaan wasit sepakbola dengan futsal

Dalam laga sepakbola, kita tahu persis dalam sebuah pertandingan ada satu wasit yang memimpin pertandingan, ditambah dua assisten yang bekerja sebagai hakim garis berada di luar lapangan. Sedangkan dalam futsal, wasitnya hanya ada dua orang, dan mereka berada di luar lapangan sepanjang pertandingan.