daftar pemain terbaik di Liga Champions

Entah itu format lama maupun format baru, Liga Champions Eropa selalu menjadi kompetisi yang sangat sulit untuk ditaklukan. Terbukti, tak sedikit tim papan atas eropa yang gagal dalam mencapai target tahunan ini. Tak hanya itu, tidak sedikit juga pemain bola top dunia yang tak pernah merasakan gelar juara Liga Champions Eropa seperti Zlatan Ibrahimovic, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, dan nama-nama besar lainnya. Namun begitu, ada juga sejumlah pemain yang telah membuktikan ‘taringnya’ di ajang Liga Champions Eropa, merasakan gelar juara beberapa kali hingga dicap sebagai pemain tersukses di ajang tahunan ini. Siapa saja mereka ? Berikut Daftar Nama Pemain Paling Sukses di Liga Champions.

  • Francico ‘Paco’ Gento

Jauh sebelum era Cristiano Ronaldo, Real Madrid punya sejumlah pemain top yang telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Salah satunya adalah Francisco Paco Gento, mungkin namanya masih asing di telinga para Madridista, karena ‘tertutupi’ oleh nama-nama besar lainnya seperti Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas dan lainnya. Padahal, pada kenyataannya Paco Gento adalah satu-satunya pemain dalam sejarah sepakbola yang berhasil mencicipi enam gelar Liga Champions Eropa, atau dulu disebut dengan nama European Cup.

Paco Gento bergabung ke Real Madrid dan Racing Santander pada tahun 1953, dia kemudian menghabiskan perjalanan karirnya sebagai pemain sepakbola bersama dengan Real Madrid. Selama kurang lebih 18 tahun, Paco Gento sukses antarkan Madrid meraih sejumlah trofi bergengsi, termasuk diantaranya 6 Gelar Juara Liga Champions Eropa. Sejauh ini, tidak ada satupun pemain yang memenangkan gelar Liga Champions Eropa sebanyak yang dimenangkan Gento.

  • Paolo Maldini
Baca juga:   10 Nama Pelatih Tersukses di Liga Champions
pemain tersukses di Liga Champions

Rasanya, nama legenda Italia yang satu ini sudah sering kali menghiasi daftar pemain-pemain berprestasi di semua ajang , tak terkecuali di ajang Liga Champins Eropa. Sang legenda AC Milan terdaftar dalam list Pemain Paling Sukses di Liga Champions Eropa, sebagaimana yang bersangkutan sukses meraih lima trofi liga Champions Eropa sepanjang karirnya sebagai pemain sepakbola.

Sama seperti Paco Gento, Maldini juga meraih lima gelar Liga Champions Eropa bersama satu klub saja, AC Milan. Tak hanya itu, Legenda Italia ini bahkan menghabiskan karirnya sebagai pemain bersama dengan Rossoneri selama kurang lebih 24 tahun.

  • Alessandro Costacurta
daftar pemain sukses di Liga Champions

Sama seperti Maldini, Alessandro Costacurta juga merupakan seorang legenda AC milan, bedanya mantan pemain Tim Nasional Italia ini membela Rossoneri dalam periode yang lebih singkat dibandingkan Maldini. Mencatat debutnya sebagai penggawa utama Milan di tahun 1986, Costacurta kemudian memutuskan gantung sepatu alias pensiun di tahun 2007, dua tahun lebih cepat dibanding Maldini.

Namun begitu, pencapaian Costacusta selama 19 tahun membela AC Milan kurang lebih sama dengan maldini, termasuk kontribusinya memenangkan lima trofi Liga Champions Eropa selama periode tersebut, menjadikannya sebagai salah satu pemain bola paling sukses di Liga Champions Eropa.

  • Cristiano Ronaldo
pemain terbaik liga champions

Diantara Deretan Pemain Terbaik di Liga Champions Eropa, Cristiano Ronaldo adalah pemain yang masih aktif sampai saat ini dan tentu saja yang bersangkutan sangat berpotensi memenangkan gelar tahunan tersebut lagi bersama klub barunya, Juventus. Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi lima gelar Liga Champion Eropa, layaknya Maldini dan Costacurta. Namun menariknya, Cristiano Ronaldo memenangkan gelar Liga Champions Eropa saat format Liga champions Eropa digulirkan atau setelah European Cup diganti dengan format sekarang ini.

Baca juga:   Sejarah Liga Champions Eropa

Dia memenangkan lima trofi tersebut bersama dengan Manchester United di satu kesempatan pada tahun 2008, dan 4 Trofi bersama Real Madrid antara lain di tahun 2014, 2016, 2017 dan 2018. Hebatnya lagi, Cristiano Ronaldo adalah top skor sepanjang masa di ajang Liga Champions Eropa dengan torehan 121 gol.