pemain bertahan serie A italia

5 Pemain Bertahan Terbaik Liga Italia Dalam Sejarah

Sepakbola tidak hanya soal mencetak gol, tapi juga bagaimana bertahan dengan baik, mempertahankan daerah pertahanan dari serangan tim lawan untuk mencegah gawang tim kecolongan gol. Sejak dulu hingga kini di Liga Italia dikenal memiliki barisan pemain bertahan terbaik , tidak hanya Eropa, tapi juga terbaik dunia. Dalam sejarahnya, banyak pemain-pemain bertahan top yang diproduksi oleh Negeri Pizza tersebut.

Diantarara para pemain bertahan terbaik Liga Italia, ada lima yang dianggap layak dilabeli sebagai Pemain Bertahan Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Italia. Lantas siapa saja para pemain tersebut ?

  • Paolo Maldini
Paolo Maldini Bek Terbaik Liga Italia

Perjalanan panjang karir seorang Paolo Maldini jika dikisahkan, mungkin sangat mirip dengan kisah legenda fiksi. Bagaimana tidak ? sosok yang dikenal sebagai legenda besar AC Milan ini telah memenangkan semua gelar yang diimpikan setiap pemain Italia di level klub, dia juga menghabiskan seluruh perjalanan karirnya di atas lapangan bersama satu klub saja, AC Milan.

Setelah bergabung dengan tim akademi Rossoneri pada periode 1978 hingga 1985, Maldini memulai debutnya bersama skuat senior raksasa Liga Italia tersebut pada tahun 1985. Sejak debut, Maldini sudah langsung jadi andalan AC Milan, bahkan mencatat 40 penampilan total di semua ajang pada musim 1985-86. Sejak saat itu, yang bersangkutan terus berkembang jadi salah satu bek terbaik di dunia. Sempat diminati sejumlah raksasa Eropa, tapi Maldini tak bergeming sedikitpun.

Baca juga:   3 Pemain Muda Berbakat Yang Pernah Ada Di Liga Italia

Sang legenda memilih menghabiskan karirnya di level klub bersama AC Milan, selama 24 tahun, mencatatkan 902 caps, mempersembahkan 26 gelar juara termasuk 7 Scudetto dan 5 Liga Champions Eropa, dan pensiun di tahun 2009. Mutlak, sampai saat ini, Maldini adalah pemain bertahan terbaik dalam sejarah Liga Italia.

  • Gaetano Scirea

Jauh sebelum era Giorgio Chiellini atau Leonardo Bonucci, hidup seorang legenda besar Juventus, dia adalah Gaetano Scirea, seorang legenda yang seolah terlupakan dari buku sejarah si Nyonya Tua.

Berbeda dengan Paolo Maldini yang hanya membela AC Milan sepanjang hidupnya, Scirea memulai debut bersama Atalanta pada tahun 1972. Dua tahun berselang, barulah yang bersangkutan merapat ke Juventus, sejak saat itulah karirnya mengalami peningkatan yang amat signifikan. Sejak bergabung ke Turin, Juventus selalu mengandalkan Scirea di lini belakang, dan dialah kontributor besar atas keberhasilan Si Nyonya Tua memenangkan tujuh gelar piala Serie A Liga Italia dari 31 yang telah dikoleksi sejauh ini. Scirea juga berperan besar atas kesuksesan Juve memenangkan Trofi Liga Champions Eropa pertama mereka di tahun 1985.

Selama 16 tahun membela Juventus, Scirea telah mempersembahkan 14 gelar juara, menorehkan lebih dari 400 penampilan di semua ajang. Dan harus diingat Scirea adalah salah satu bagian dari skuat Tim Nasional Italia yang secara hebat memenangi trofi Piala Dunia 1982. Sayangnya, di usia 36 tahun, Scirea harus menghembuskan nafas terakhirnya karena kecelakaan lalu lintas, namun namanya tetap hidup sebagai Legenda.

  • Franco Baresi
Baca juga:   5 Klub Peraih Scudetto Terbanyak Liga Italia

Sederhana saja, yang satu ini adalah seorang fenomenal ! Baresi tercatat sebagai salah satu pemain bek terbaik dalam sejarah AC Milan, dalam sejarah Italia, Dalam sejarah Eropa, bahkan mungkin dalam sejarah sepakbola itu sendiri. Bagaimana bisa dipungkiri, Baresi telah memenangkan semua gelar yang bisa dia menangkan sepanjang karirnya di level klub dan level internasional bersama Gli Azzurri. Baresi bersama Scirea (Juventus) membantu Italia memenangkan titel Piala Dunia di tahun 1982. Sebelum Paolo Maldini, Baresi adalah pemain bertahan terbaik dalam sejarah AC Milan, membantu klub memenangkan 6 Scudetto, 3 liga Champions Eropa dan banyak trofi lain.

Posisinya kemudian digeser Paolo Maldini sebagai bek terbaik dalam sejarah AC Milan, tapi fakta juga harus diketahui bahwa Paolo Maldini yang melegenda, adalah ‘Murid’ dari Franco Baresi! Fenomenal !

  • Alessandro Nesta
Nesta Bek Terbaik di Liga Italia

Rasanya cukup tepat meletakkan Nama Alessandro Nesta di posisi ke-4 dalam daftar pemain bertahan terbaik di Serie A Italia, dia memang tidak lebih baik dari tiga legenda di atas, tapi Nesta pantas, bahkan sangat pantas disebut sebagai salah satu dari lima pemain bertahan terbaik sepanjang sejarah Liga Italia.

Kehebatan Nesta sudah tersohor dimana-mana, bahkan banyak yang menyandingkan namanya dengan nama sang legenda besar Milan, Paolo Maldini. Memang, sejak merapat ke San Siro dari Lazio pada tahun 2002, Nesta bersama dengan Maldini jadi andalan tak tergantikan di sentral pertahanan Rossoneri. Selama tak kurang dari 10 tahun berkostum AC Milan, Nesta telah mencatatkan 326 penampilan, dan berkontribusi atas keberhasilan klub memenangkan 10 trofi bergengsi, termasuk diantaranya dua scudetto dan dua trofi Liga Champions Eropa.

  • Fabio Cannavaro
Baca juga:   5 Kiper Paling Tangguh di Serie A Italia
Fabio Cannavaro Pemain Bek Terbaik Liga Italia

Para fans Juventus mungkin protes nama Cannavaro ada dalam daftar ini, menyusul keputusannya meninggalkan Turin saat klub terdegradasi ke Serie B karena skandal Calciopoli, tapi tidak bisa dipungkiri, Cannavaro adalah salah satu pemain bertahan terbaik dalam sejarah Italia.

Melakoni debutnya sejak 1992 bersama Napoli, Cannavaro kemudian melanglang buana membela klub terbaik di Liga Italia sekelas Parma, Inter Milan kemudian Juventus. Tapi karirnya di Juventus yang paling mentereng. Dia juga membawa Italia memenangkan Piala Dunia di tahun 2006 dan memenangkan trofi Ballon d’Or di tahun yang sama.