pelatih liga inggris tersukses sepanjang sejarah

5 Manajer Tersukses Dalam Sejarah Liga Inggris

Liga Primer Inggris, dulunya dikenal dengan sebutan First Division, meski berbeda sebutan faktanya sejak dulu sejarah Liga Inggris secara umum memang sangat menarik untuk disaksikan. Bagaimana persaingan menuju puncak klasemen dan menjadi juara seolah seperti serial drama yang menarik disaksikan hingga akhir season. Sebuah prestasi membanggakan ketika seorang manajer sepakbola berhasil membawa tim asuhannya memenangkan piala Liga Inggris di akhir musim, terlebih mereka yang sudah berulang kali mencapai prestasi tersebut.

Mereka yang kami maksud tersebut dianggap sebagai manajer tersukses dalam sejarah Liga Inggris. Siapa saja ? Berikut 5 Manajer paling sukses dalam sejarah Liga Inggris.

  • Brian Clough
Brian Clough Manajer Tersukses di Liga Inggris

Memang, sepanjang karirnya sebagai pelatih sepakbola Liga Inggris, Brian Clough hanya mampu memenangkan dua trofi Liga Inggris, tapi bagaimana dia memenangkan dua gelar tersebut sangat layak diapresiasi. Bagaimana tidak ? Clough yang sempat diremehkan bahkan dipecat oleh klub serta dibenci para pemain Leeds United mampu mengangkat Derby County yang dinilai ‘tim kacangan’ menjadi juara Liga Inggris setelah baru menjalani promosi, tepatnya di musim 1970/71. Enam tahun berselang, dia mengulang sukses serupa bersama Nottingham Forest, bahkan menjuarai Liga Champions Eropa juga.

Kisah sukses Clough bahkan diabadikan dalam sebuah film layar lebar berjudul ‘Brian Cloguh : From Zero to Hero’ .

  • Bill Shankly
Baca juga:   MU Hadapi Liverpool, Siapa Yang Akan Menang?
Bill Shankly Pelatih Tersukses di Liga Inggris

Jurgen Klopp boleh dielu-elukan oleh para kopites saat ini akan keberhasilannya mengangkat kembali nama Liverpool yang sempat tenggelam karena minim prestasi, atau Rafael Benitez yang membawa Tim Marseyside memenangi Liga Champions Eropa secara dramatis di tahun 2005 silam. Tapi faktanya belum ada yang mengalahkan sukses Bill Shankly dalam menangani Liverpool.

Menangani Liverpool selama 15 tahun, tepatnya pada periode 1959 hingga 1974, Shankly sukses persembahkan tiga gelar Liga Inggris, dua piala FA, Satu Divisi Championship , dan satu Piala Eropa. Melegendanya Bill Shankly hingga sosoknya diabadikan dalam sebuah patung yang menghiasi salah satu sisi dari Stadion Anfield.

  • Sir Matt Busby
Pelatih Sukses Liga Inggris Sir Matt Busby

Kebesaran nama Sir Alex Ferguson yang diklaim sebagai pelatih tersukses dalam sejarah sepakbola Liga Inggris seolah sedikit meredupkan nama Sir Matt Bustby. Padahal, sebelum era Ferguson yang begitu Fenomenal, Matt Busby dikenal sebagai manajer paling sukses dalam sejarah Manchester United.

Yang bersangkutan menangani Manchester United dalam dua periode berbeda, periode 1945 sampai 1969 dan periode 1970-71. Dalam dua periode tersebut, Matt Busby berhasil persembahkan 5 Gelar Liga Inggris, 5 Gelar Charity Shield, 2 Piala FA dan Satu trofi Piala Eropa (Sekarang Liga Champions Eropa).

  • Bob Paisley
Bob Paisley Pelatih Tersukses di Liga Inggris

Paisley adalah sosok manajer yang membangun kesuksesan di Anfield nya Bill Shankley dan mendorong Liverpool menjadi tim yang garang di Inggris dan Eropa secara keseluruhan. Paisley sukses antarkan Liverpool meraih 12 trofi utama hanya dalam sembilan tahun menjabat sebagai manajer Tim Marseyside, termasuk mengalahkan Brian Clough menjadi pelatih pertama yang memenangkan Piala Eropa berturut-turut dengan klub Liga Inggris.

Baca juga:   Ini Dia 5 Klub Terkaya di English Premier League

Sepanjang tahun 1970-an dan awal 80-an tidak ada yang bisa menyentuh Liverpool sebagai klub tersukses di Liga Inggris ketika itu, dan harus diakui Paisley adalah sosok dibalik kesuksesan mereka.

  • Sir Alex Ferguson
Pelatih Liga Inggris Sir Alex Ferguson

Dan yang paling fenomenal, tentu namanya akan selalu dikenang, tak hanya oleh fans Manchester United tapi juga oleh para penikmat sepakbola, Sir Alex Ferguson. Loyalitas tanpa batas untuk Setan Merah ditunjukkan Sir Alex selama 26 tahun menjadi pelatih klub Premier League tersebut. Selama periode tersebut, manajer asal Skotlandia ini berhasil persembakan 13 piala Liga Primer Inggris, 5 Trofi Piala FA, 4 Piala Liga, 10 Charity Cup, Satu Piala Winner, dan dua Liga Champions Eropa.

Faktanya, Sir Alex membawa Manchester United sebagai satu-satunya tim Inggris yang pernah memenangi Treble winner dalam sejarah. Dia adalah Fenomena yang tidak bisa dibantah lagi.