klub peraih gelar liga champions terbanyak

5 Klub Pemegang Gelar Liga Champions Eropa Terbanyak

Sejak diperkenalkan pada tahun 1955 silam, terjadi beberapa kali terjadi perubahan dalam format dan jumlah pesertanya, walau begitu Liga Champions Eropa tetap merupakan liga yang berhasil menarik atensi banyak penikmat sepakbola dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Tak heran, setiap Klub yang berpartisipasi pada ajang tahunan ini selalu berusaha maksimal untuk melangkah jauh dan memenangkan gelar juara di puncak kompetisi. Hanya ada beberapa tim yang tercatat sebagai juara terbanyak. Penasaran siapa saja ? Berikut 5 Klub Pemegang Gelar Liga Champions Eropa Terbanyak.

  • Real Madrid
Real Madrid Juara Liga Champions

Sejak Liga Champions Eropa masih dikenal dengan nama ‘European Cup’ atau Piala Eropa, Real Madrid adalah tim yang berkuasa di kompetisi ini. Bahkan, mereka adalah klub pertama yang berhasil menjadi juara Liga Champions. Di Musim 1955/56, dimana European cup atau Piala Eropa baru digelar, Los Blancos sukses mengalahkan Stade De Reims dengan skor akhir 4-2. Dominasi Real Madrid berlanjut sampai empat edisi ke depan, dengan artian mereka berhasil memenangkan lima trofi Piala Eropa pertama secara beruntun.

Sedangkan sejak nama Piala Eropa dirubah menjadi Liga Champions Eropa pada 1992 sampai sekarang, Real Madrid telah memenangkan total 7 gelar, tiga diantaranya diraih secara beruntun selama tiga musim belakangan ini. Total, Real Madrid telah mengoleksi 13 gelar Liga Champions Eropa, atau yang terbanyak dalam sejarah.

  • AC Milan
Baca juga:   Ini Dia Jumlah Uang Juara Liga Champions
AC Milan Juara Liga Champions Eropa

Sekarang ini, AC Milan memang kesulitan bersaing di level atas, jangankan bersaing di ajang Liga Champions Eropa, Rossoneri bahkan tak pernah lolos ke kompetisi Liga Champions selama beberapa tahun terakhir ini karena periode krisis. Namun dulunya, Milan adalah salah satu tim penguasa di Eropa, total mereka telah mengoleksi 7 gelar Liga Champions Eropa sepanjang sejarah klub.

Terhitung sejak format Piala Eropa berubah jadi Liga Champions Eropa pada tahun 1992 silam, Milan hanya mengoleksi tiga gelar liga Champions Eropa, yang mana terakhir kali dimenangkan pada tahun 2007 silam.

  • Bayern Munchen
Gelar Liga Champions Eropa Bayern Munchen

2013 adalah tahun terakhir dimana Bayern Munchen berhasil menguasai klasemen Liga Champions Eropa dan memenangkan kompetisi tersebut , saat itu mereka mengalahkan sang rival abadi, Borussia Dortmund pada partai puncak dengan skor meyakinkan 2-0. Sebelumnya, Bayern sudah mengoleksi empat gelar Liga Champions eropa, pertama kali di tahun 1974, saat masih mengusung format Piala Eropa. Meski begitu, Juara bertahan Bundesliga Jerman ini juga tercatat sebagai tim yang paling sering gagal di partai final. Total sudah 10 final Liga Champions dicicipi Bayern Munchen sejauh ini, dan mereka menjadi runner up alias gagal selama lima kali. Bagaimanapun, Bayern tetap layak dianggap sebagai salah satu tim tersukses di ajang Liga Champions Eropa.

  • Liverpool
Baca juga:   Stadion Paling Megah Yang Pernah Dipakai di Final Liga Champions

Sejak Era First Division digulirkan menjadi Era Premier League pada tahun 1992 silam, Liverpool adalah tim yang kesulitan meraih gelar juara bahkan belum pernah menjuarai Liga sampai sekarang. Tapi fakta tersebut tak lantas membuat mereka kesulitan berkuasa di Liga Champions Eropa. Tahun 2005 jadi kenangan termanis Tim Marseyside, dimana mereka yang dianggap tim underdog saat itu mampu mengalahkan juara bertahan AC Milan secara dramatis di laga puncak di Istanbul lewat drama adu penalti.

Gelar Liga Champions Liverpool

Tapi, tahun tersebut juga jadi satu-satunya tahun dimana Liverpool memenangkan piala Liga Champions Eropa sejak kompetisi tersebut berubah format pada tahun 1992. Sedangkan di Era Piala Eropa, mereka telah memenangkan empat gelar juara. Total, Liverpool sudah mengoleksi lima trofi Liga Champions Eropa.

  • Barcelona
barcelona juara liga champions

Sebelum ada sosok-sosok pemain hebat sekelas Lionel Messi, Xavi, Iniesta, Puyol, Pique, Busquets dan lainnya, Barcelona hanya memenangkan 1 gelar Liga Champions Eropa, tapi sejak kehadiran para pemain tersebut, mereka sukses menambah empat koleksi gelar di ajang tahunan tersebut. Barcelona sudah memenangkan 5 trofi Liga Champions Eropa, dari delapan kesempatan mereka melaju ke babak final Liga Champions.