Informasi Ukuran Lapangan Sepakbola Sesuai Standar FIFA

Ukuran Lapangan Sepakbola Yang Wajib di Ketahui Sesuai Standar FIFA

Sepakbola terus mengalami perkembangan seiring dengan era yang sudah modern seperti sekarang ini. Banyak elemen dalam dunia sepakbola yang terus mengalami perubahan, entah itu aturan, teknologi, bola, wasit , stadion dan lain sebagainya tak terkecuali Lapangan bola itu sendiri. Lapangan yang digunakan untuk sebuah pertandingan sepakbola resmi atau professional, harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh FIFA.

Lapangan Dalam Pertandingan Sepakbola

Memang, olahraga sepakbola bebas dimainkan oleh siapa saja, karena harus diakui olahraga yang satu ini memang mengasyikkan dan banyak digemari masyarakat dunia tidak terkecuali di Indonesia. Bermain di halaman warga yang luar dan terbuka juga boleh asal mendapat izin dari pemilik lahan, atau bermain di pinggir jalan juga bisa, dengan syarat tidak mengganggu pengguna jalan. Tapi, ketika pertandingan sepakbola sudah bertaraf profesional dan resmi, maka lapangan tersebut harus memenuhi standar dari FIFA. Lantas, bagaimana standar lapangan sepakbola yang sesuai dengan aturan resmi FIFA ?

Aturan FIFA Untuk Lapangan Bola Dalam Laga Resmi

Ukuran Lapangan Sepakbola

FIFA Selaku asosiasi sepakbola Dunia yang sudah diakui, menuliskan ‘Laws of The Game’, hukum dalam pertandingan sepakbola yang harus dipatuhi, salah satu dalam aturan tersebut adalah tentang lapangan pertandingan, atau dikenal dengan istilah ‘Field Of Play’ . Mulai dari panjang kali lebar sampai garis arean penalti dan kick off, berikut aturan lapangan sepakbola yang memenuhi standar FIFA.

Baca juga:   10 WAGs Pemain Bola Paling Hot Saat Ini

Ukuran Lapangan Sepakbola Yang Benar

  • Sebuah lapangan sepakbola harus dikelilingi oleh garis putih berbentuk persegi panjang, dengan ukuran panjang atau dalam istilahnya disebut sebagai touchlines (garis sentuh) harus memiliki panjang antara 90 sampai 120 M. Sedangkan untuk lebar lapangan yang dikenal dengan istilah garis gawang, harus berukuran antara 45 sampai 90 meter.
  • Standar ukuran berbeda untuk pertandingan Internasional seperti piala eropa, atau piala dunia, sebuah lapangan sepakbola harus memiliki ukurang garis sentuh antara 100-110m, dan untuk lebarnya atau garis gawangnya, harus memiliki ukuran antara 64-75m.
  • Lebar lapangan disebut dengan istilah garis gawang, meski memang garis gawang hanya membatasi antara dua tiang gawag, namun istilah garis gawang sendiri tetap mencakup sepanjang garis lepar lapangan.
    Ukuran Pada Gawang Sepakbola Yang Sesungguhnya
  • Gawang harus ditempatkan di tengah setiap garis gawang atau lebar lapangan,
  • Ukuran gawang sendiri sudah ditentukan, dengan jarak antara kedua tiang harus 7,32m, sedangkan untuk tingginya sendiri harus berukuran 2,44m.
  • Jaring sendiri memang selalu terlihat pada gawang , namun sebenarnya keberadaan jaring tidak diwajibkan oleh FIFA.
  • Bahan dari pembuat gawang itu juga sudah diatur, harus berwarna putih, berbahan logam atau kayu dengan persetujuan dari FIFA, dan terpenting tidak membahayakan pemain.
  • Garis Area gawang sendiri terdiri dari dua garis yang ditarik dari garis gawang (Lebar lapangan) dengan ukuran 5,5 meter , dan akan terhubung pada ujungnya, membentuk sebuah persegi.
  • Sedangkan area penalti sendiri juga sama dengan garis area gawang, area garis penalti berbentuk persegi , beradadi luar garis area gawang dengan ukurang panjang 16,5m, ditarik dari garis gawang (lebar lapangan) dan ujung dari garis penalti ini akan saling bertemu. Hanya saja, Garis area penalti ini memiliki garis lainnya berbentuk setengah lingkaran atau huruf D di bagian depannya.
Baca juga:   Tips Melatih Fisik Agar Menjadi Pemain Bola Profesional

Garis Area Tim dan Lingkaran Kick Off

ukuran pada langan sepakbola

Ukuran lapangan secara keseluruhan akan ditandai dengan garis lurus yang ukurannya sama dengan garis gawang (lebar lapangan) untuk membatasi area kedua tim sebelum kick off pertandingan. Sedangkan lingkaran dengan ukuran keliling 9,15m adalah pusat lapangan yang dijadikan tempat melakukan kick off.