tips dan trik tendangan bebas seperti david beckham

Tips dan Trik Tendangan Bebas Melengkung Seperti David Beckham

Free Kick atau tendangan Bebas merupakan salah satu bagian dari pertandingan sepakbola, diberikan kepada sebuah tim saat karena kondisi tertentu, seperti adanya pelanggaran atau handsball oleh pemain lawan. Ketika free kick itu berada jauh dari gawang tim lawan, tentu tujuan terbaik adalah mengirimkan umpan ke rekan satu tim, tapi ketika berada di dekat kotak penalti tim lawan, maka itu akan jadi kesempatan bagus bagi seorang pemain untuk mencetak gol.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, saat titik tendangan bebas jaraknya dekat dengan gawang tim lawan, maka itu bisa jadi kesempatan emas bagi seorang eksekutor free kick untuk mencetak gol. Pasalnya, situasi set piece seperti ini memang jarang terjadi, dan satu-satunya kesempatan yang ada bisa jadi jalan keluar atau solusi bagi sebuah tim ketika sulit menembus pertahanan tim lawan sepanjang pertandingan. Sejauh ini, ada banyak pemain yang terkenal dengan keahliannya dalam mengeksekusi Free Kick, terutama legenda Inggris, David Beckham.

David Beckham Adalah Eksekutor Tendangan Bebas Terbaik Dalam Sejarah

tips dan trik melakukan tendangan melengkung david beckham

Pada awal kemunculannya bersama dengan Manchester United, David Beckham memang sudah berhasil menarik atensi banyak pihak, tak hanya karena ketampanannya yang diganderungi banyak kaum hawa saat itu, tapi juga keahliannya mengeksekusi tendangan bebas. Total, sepanjang karirnya bersama tim Nasional Inggris dan di level Klub, Beckham sudah mengoleksi 65 gol lewat tendangan bebas. Sejumlah pakar sepakbola mengatakan, Beckham memiliki trik sendiri saat mengeksekusi tendangan bebas melengkung yang fenomenal itu, dan berikut ini adalah tips dan trik tendangan bebas melengkung seperti David Beckham.

  • Belajar Mengatur Atau Memposisikan Bola Terlebih Dulu
Baca juga:   Inilah Perbedaan Sepakbola dan Futsal
Tendangan bebas david beckham

Tendangan bebas yang melengkung seperti Beckham, perlu persiapan yang sangat matang, pertama soal bola. Bola yang akan digunakan untuk tendangan bebas harus bulat sempurna, tidak boleh kempes sedikitpun, dan tidak boleh terlalu keras, selain posisi bola juga harus berada di rumput yang mendekati datar alias tidak bergelombang. Cobalah untuk menempati lubang masuknya angin dalam bola di paling bawah. Posisi , Bentuk dan tempat dari Bola itu sendiri akan sangat mempengaruhi hasil tendangan kita.

  • Menganalisa Situasi Di Sekitar

Setelah mengatur bola dengan baik sesuai tips di atas, kita harus menganalisa situasi di sekitar, jarak antara titik tendangan bebas dengan gawang, jarak antara titik tendangan bebas dengan pagar betis tim lawan, dan posisi penjaga gawang itu sendiri, apakah ada di kanan atau di kiri. Jangan lupa, postur tinggi dari para pemain yang menjadi pagar betis juga sangat penting, dari sini kita bisa melakukan tendangan yang tepat sehingga tidak berbenturan dengan kepala para pagar betis bahkan saat mereka melompat sekalipun.

  • Perhatikan Pagar Betis Pemain Lawan
tips dan trik tendangan bebas seperti david beckham

Biasanya, tim lawan akan mempersiapkan pagar betis yang terdiri dari pemain-pemain postur tinggi, ketika situasi ini terjadi , tentu akan sulit bagi seorang eksekutor tendangan bebas mencari celah. Tapi terkadang, tidak semua pemain berpostur tinggi menjadi pagar betis, karenya kita harus pintar mencari celah pemain yang jadi pagar betis dengan postur paling pendek, dan usahakan targetkan bola ke ‘celah’ tersebut.

  • Jangan Terburu-buru
Baca juga:   Kisah Pilu Cristiano Ronaldo Sebelum Terkenal

Saat melakukan ketiga hal diatas, ketika anda sudah mengambil ancang-ancang, 4 sampai 6 langkah dari bola, jangan terburu-buru menendang bola, perhatikan lagi di sekitar, atur nafas. Setelah itu barulah berlari mendekati bola, dan saat menendang, usahakan kaki menendang bagian dalam dari salah satu sisi bola, kanan atau kiri, sesuaikan dengan target dan posisi kita, cara ini bertujuan untuk membuat bola melambung melengkung ke arah gawang.

  • Sering-Sering Latihan

Gagal atau berhasil melakukan tips dan trik di atas, kita harus tetap berlatih sesering mungkin demi mendapatkan hasil terbaik dan bisa melakukan tendangan bebas melengkung seperti David Beckham.