stadion paling megah pada final Liga Champions

Stadion Paling Megah Yang Pernah Dipakai di Final Liga Champions

Liga Champions Eropa, kompetisi yang berlangsung sekali dalam semusim ini memang dianggap sebagai kompetisi elit benua biru, kompetisi bergengsi yang setiap edisinya selalu diperebutkan para jawaran Eropa. Sejak masih menggunakan format European Cup sampai berubah menjadi format Liga champions Eropa hingga saat ini, kompetisi tersebut melalui beberapa perubahan, tapi tidak untuk venue laga final yang selalu berubah. Ya, UEFA selaku penggagas kompetisi ini selalu menentukan venue atau tempat berlangsungnya laga tunggal Final Liga Champions Eropa yang akan menjadi saksi juara baru. Nah, berikut ini merupakan deretan Stadion Bola Termegah Yang Pernah Digunakan Pada Final Liga Champions Eropa.

  • Estadio Camp Nou, Barcelona
Stadion bola termegah di Final Liga Champions

Barcelona selama ini memang dikenal sebagai salah satu klub sepakbola terbaik Eropa, bahkan dunia, yang mana fakta tersebut terlihat dari prestasi yang mereka capai selama dua dekade terakhir ini. Tak hanya soal mewahnya skuat, tapi klub La Liga Spanyol ini juga punya Stadion yang dianggap sebagai salah satu stadion bola paling megah di Eropa. Tak heran jika stadion tersebut sempat terpilih sebagai stadion partai final Liga Champions Eropa tepatnya di musim 1998/99.

Pada partai yang mempertemukan Bayern Munchen melawan Manchester United tersebut, Camp Nou dianggap berhasil menjadi tuan rumah yang memukau fans kedua tim dengan segala kemegahan yang dimiliki. Stadion dengan kapasitas 99.354 ini juga jadi saksi bisu comeback dramatis Manchester united yang mencetak dua gol di babak perpanjangan waktu setelah sebelumnya tertingal 0-1 dari Bayern. MU arahan Ferguson saat itu berhasil keluar sebagai juara kompetisi dan menggenapi gelar Treble winner pertama dalam sejarah klub.

  • Stade De France, Paris
Stadion Stade De France Final Liga Champions

Perancis sejak dulu dikenal sebagai salah satu tempat yang memukau bagi olahraga sepakbola, tak hanya soal tim Nasional mereka yang cukup sukses di panggung Internasional, tapi juga soal kemegahan stadion bola di Perancis. Salah satu stadion megah yang dimiliki Perancis adalah Stade De France, yang terletak di kota Paris. Markas Tim Nasional Prancis ini juga masuk dalam daftar Stadion Paling Megah yang Pernah Dipakai di Final Liga Champions Eropa.

Memiliki kapasitas 88.338 kursi, Stade de France pernah terpilih dua kali sebagai tempat Final Liga Champions Eropa, antara lain di tahun 2000 dan 2006.

  • Stadio Giuseppe Meazza, Milan
stadion bola termewah di final Liga Champions

AC Milan dan Inter Milan adalah dua raksasa Serie A italia yang sejak dulu harus berbagi kandang di Stadio Giuseppe Meazza, atau juga dikenal dengan nama Stadio San Siro. Karena dikembangkan dengan baik oleh kedua klub tersebut, Giuseppe Meazza pun dikenal sebagai salah satu stadion termegah di Eropa. Mereka pernah jadi Venue laga fina Liga Champions Eropa, tepatnya di tahun 2001 silam. Adapun stadion ini memiliki kapasitas kursi penonton sebanyak 81.227. Sampai sekarang, Giuseppe Meazza belum pernah kembali terpilih jadi venue partai final kompetisi tahunan tersebut.

  • Stadion Luzhniki, Rusia

Di daftar terakhir ada stadion Luzhniki, yang bertempat di kota Moscow, Rusia. Dianggap sebagai stadion bola termegah di Rusia, dan pernah menjadi tempat laga berlangsungnya final Liga Champions Eropa, tepatnya di tahun 2008 yang mempertemukan Manchester united dan Chelsea.

Saat itu, Setan Merah berhasil memenangkan pertandingan lewat drama adu penalti. Salah satu momen yang paling diingat di stadion ini adalah saat bek Chelsea, John Terry, gagal mencetak gol lewat titik putih yang membuat The Blues harus menyerah di tangan sang rival. Adapun Stadion Luzhniki sendiri memiliki kapasitas 78.360 Kursi.