fakta barcelona di Liga Champions

Sejumlah Fakta Barcelona di Liga Champions Eropa

Selama lebih dari satu dekade terakhir ini, Barcelona dianggap sebagai salah satu tim terbaik Eropa bahkan mungkin Dunia, dimana hal tersebut juga mereka buktikan lewat prestasi nyata, baik itu di pentas domestik maupun di kancah Eropa tepatnya di ajang Liga Champions Eropa. Bicara soal Partisipasi Barcelona di ajang Liga Champions Eropa, ada beberapa fakta menarik yang jarang diketahui publik, apa saja ? Berikut Sejumlah Fakta Barcelona di kompetisi Liga Champions Eropa.

  • 5 Kali Juara Liga Champions Eropa
fakta barcelona juara Liga Champions

Juara bertahan La Liga Spanyol ini faktanya tercatat sebagai salah satu dari lima tim dengan pemegang gelar terbanyak dalam sejarah Liga Champions Eropa. Total, Barcelona sudah mengoleksi lima trofi Liga Champions Eropa, jumlah yang sama dengan Liverpool dan Bayern Munchen. Gelar Liga Champions Eropa pertama Raksasa Catalan dimenangkan pada tahun 1992 silam, tepat di tahun terakhir era Piala Eropa, karena sejak musim 1992/93, format dan nama Kompetisi sudah berubah nama menjadi Liga Champions Eropa yang kita kenal saat ini.

Sedangkan empat gelar lainnya dimenangkan Barcelona saat format sudah berubah menjadi Liga Champions Eropa, masing-masing di tahun 2006, 2009 yang juga menjadi tahun treble winner pertama mereka, kemudian di tahun 2011 dan terakhir di tahun 2015 yang menandai sejarah sebagai tim pertama peraih dua treble winner.

  • 8 Kali Melangkah ke Final
Baca juga:   10 Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions Dari Tahun ke Tahun
Final Liga Champions Barcelona

Barcelona memang berhasil memenangkan lima trofi Liga Champions Eropa sepanjang sejarah mereka setelah menguasai klasemen Liga Champions, namun faktanya raksasa Catalan sudah mencicipi delapan laga final di kompetisi tahunan tersebut, sayang mereka gagal di tiga kesempatan. Kegagalan pertama di final tahun 1961 melawan Benfica, dimana Barcelona takluk dengan skor akhir tipis 3-2. Sedangkan kegagalan kedua terjadi pada tahun 1986 melawan Steaua Bucuresti, Barcelona sebenarnya sangat dekat dengan gelar liga Champions pertama mereka, sayang klub Swiss lebih beruntung di babak adu penalti.

Terakhir kali Barcelona menemui kegagalan di final Liga Champions Eropa terjadi pada tahun 1994 silam, dimana saat itu mereka kalah dihadapan AC Milan dengan skor telak 0-4. Sejak kekalahan tersebut, Barca tak pernah lagi gagal di partai final Liga Champions Eropa. Empat kali melaju ke final, pada tahun 2006, 2009, 2011 dan 2015, empat kali juga mereka sukses menjadi juara.

  • Selalu Lolos ke Perempat Final dalam 10 Tahun Terakhir

Barcelona sangat lanyak mendapat label sebagai salah satu tim tersukses di ajang Liga Champions Eropa, setidaknya dalam satu dekade terakhir ini. Tak hanya tercatat tiga kali juara di ajang tahunan tersebut, faktanya juga juara bertahan La Liga Spanyol ini selalu mampu lolos ke putaran perempat final kompetisi dalam 10 tahun secara beruntun.

Baca juga:   Sejarah Liga Champions Eropa

Namun dari 10 tahun terakhir ini, pencapaian terbanyak Barcelona justru perempat final, bahkan dalam tiga tahun terakhir mereka tidak pernah mampu beranjak ke babak semifinal.

  • Rekor – Rekor di Liga Champions Eropa

Bicara rekor sepertinya sudah tidak asing lagi bagi Barcelona, dan berikut adalah sejumlah rekor yang pernah dicatatkan Barcelona di ajang Liga Champions Eropa.

  1. Kekalahan terbesar : 0-4 melawan Dynamo Kyiev pada musim 1996/97 dan Final Liga Champions musim 1993/94 , 0-4 melawan AC Milan.
  2. Kemenangan terbesar : 6-0 melawan Celtic di babak penyisihan Group musim 2015/16
  3. Kemenangan tandang terbesar : 5-0 melawan BATE Borisov di babak penyisihan Group musim 2010/11.