Anthem Liga Champions

Begitu kental terasa atmosfer Liga Champions Eropa setiap musimnya, laga demi laga di setiap babak selalu menarik untuk disaksikan. Meski silih berganti tim-tim menghadirkan kejutan di ajang tahunan ini, prediksi Liga Champions yang selalu saja memenuhi isi kepada dari setiap komentator sepakbola, tapi satu hal yang tak pernah berubah dari setiap pertandingan Liga Champions Eropa sejak pertama kali digulirkan formatnya di tahun 1992 silam, tak lain adalah Lagu Anthem. Pasalnya, sebelum pertandingan dimulai, UEFA selalu mengumandangkan lagu Anthem berjudul ‘Champions League’ tersebut di seantero stadion.

Banyak pemain yang mengaku ‘merinding’ setiap kali mendengarkan Lagu anthem Liga Champions Eropa, meski sudah berulang kali mereka mendengarnya, dan bertahun-tahun lamanya. Sebagai Lagu Anthem resmi kompetisi tersebut, ‘Champions League’ juga punya sejarah sendiri. Nah, berikut Sejarah Lagu Anthem Liga Champions Eropa.

Pencipta Lagu Anthem Liga Champions Eropa

pencipta lagu Liga Champions Eropa

Sebenarnya, lagu anthem Liga champions Eropa ini lebih mengarah kepada komposisi musik orkestra yang indah ketimbang lirik didalamnya sendiri. Bahkan, pencipta Anthem lagu Liga Champions Eropa sendiri adalah seorang Komposer Orkestra ternama, Tony britten. Dia menulis dan menciptakan lagu Anthem ini pada tahun 1992. Saat diciptakan lagu ini memiliki dua versi singkat yang berbeda, begitu juga dengan Chorusnya. Yang jelas, Anthem ini diciptakan Tony Britten pada tiga bahasa berbeda, bahasa Prancis, Jerman dan Inggris.

Baca juga:   Sejumlah Fakta Barcelona di Liga Champions Eropa

Sekilas tentang penulis lagu ini, Tony Britten. Dia adalah musisi musik klasik yang pernah mengenyam pendidikan di Royal College of Music. Saat pertama kali terjun di dunia kerja, Britten menghabiskan beberapa tahun sebagai seorang sutradara musik, tak hanya itu, Britten yang memang tertutup dari Media pernah bekerja bagi Cameron Mackintosh sebagai pengawas musik di sejumlah pertunjukan musik ternama termasuk Godspell dan The Rocky Horror. Setelahnya, Britten bekerja sebagai arranger / sutradara musik di Teater Nasional. Dengan karirnya yang mentereng tersebut, tak heran jika Tony Britten ditunjuk UEFA untuk menciptakan Anthem Liga Champions Eropa.

Sejarah Terciptanya Lagu Anthem Liga Champions

sejarah lagu liga champions

Pada tahun 1991, UEFA selaku penggagas Liga Champions Eropa meminta kepada salah satu mitranya, Television Event and Media Marketing (TEAM) untuk mengembangkan sebuah ide agar kompetisi ini bisa ‘laku’ di pasaran. Akhirnya proses pengembangan ini menghasilkan Lagu Anthem Liga Champions Eropa yang berjudul ‘Champions League’ dan Logo dari Kompetisi yang terdiri dari bola bintang berwarna biru, seperti yang kita lihat sekarang ini. Adapun persiapan ini dilakukan UEFA sebagai salah satu rencana mereka dalam merubah kompetisi dari yang dulunya Piala Eropa menjadi Liga Champions Eropa yang baru diperkenalkan pada tahun berikutnya.

Baca juga:   Ini Dia Jumlah Uang Juara Liga Champions

Tony Britten dipercaya menciptakan lagu anthem Champions League ini, dan sang komposer kemudian menciptakan Anthem yang fenomenal ini dengan adaptasi dari Lagu Anthem Zadoc the Priest ciptaan George Friederic Handel’s.

Britten sendiri dalam wawancaranya di tahun 2013 silam mengatakan “Saya didekati seorang agen Iklan untuk menciptakan sebuah anthem untuk kompetisi sepakbola dengan gaya musik klasik, karena saat itu musik klasik mejadi sangat populer pada olahraga ini setelah diperdengarkannya lagu anthem Piala Dunia 1990 Italia berjudul ‘The Three Tenors’.

Jadi, pada kenyataanya saat lagu Anthem Liga Champions Eropa ini diciptakan, musik klasik memang sedang naik daun. Namun dengan kelihaiannya menyusun nada-nada indah, Britten banyak mendapat sanjungan dari berbagai musisi dunia seperti Johan Fornas dan Anthony Kings. Tak heran sampai sekarang Anthem Liga Champions Eropa karya Tony Britten tak pernah terganti sebagai Anthem pembuka pertandingan di setiap babak di ajang tahunan tersebut.