pemain tersubur di Liverpool

Meski kurang berprestasi selama dua dekade terakhir ini, Liverpool tetap dianggap sebagai salah satu klub Premier League yang selalu mampu memproduksi pemain-pemain kelas wahid, tak terkecuali di sektor penyerang. Kita bisa melihat bukti nyata pada sosok Luis Suarez yang nyaris megantarkan Tim Marseyside jadi juara Premier League di musim 2013/14, kemudian ada Mohamed Salah yang musim lalu mengantarkan Liverpool hingga ke final Liga Champions Eropa. Tapi faktanya, baik Salah maupun Suarez, tidak satupun dari mereka yang masuk dalam daftar 5 Pemain Paling Subur Liverpool di Liga Inggris berikut ini.

  • Roger Hunt

Roger Hunt memang seolah tertutupi oleh nama-nama legenda besar Liverpool lainnya seperti Ian Rush, Robbie Fowler atau Steven Gerrard, padahal pada kenyataannya dia adalah pemain tersubur di Liverpool pada ajang Liga Inggris. Roger Hunt menghabiskan 11 tahun dalam hidupnya untuk membela Tim Marseyside tersebut, tepatnya sejak tahun 1958 hingga tahun 1969. Selama 11 tahun tersebut, Hunt sukses mengoleksi 245 gol dari 404 penampilan di Liga Inggris. Sedangkan secara total, dia sukses mengoleksi 286 gol di semua ajang.

  • Gordon Hodgson

Sama seperti Rogert Hunt, nama Gordon Hodgson juga tidak begitu dikenal seperti Ian Rush dan yang lainnya, tapi mungkin sebagian Kopites tahu persis legenda yang satu ini. Dia adalah salah satu pemain tergarang yang pernah dimiliki Liverpool dalam sejarahnya. Gordon Hodgson membela Liverpool selama periode 1925 sampai 1936. Selama 11 tahun membela Liverpool Gordon Hodgson mampu mencetak 241 gol di smua ajang, 233 gol diantaranya tercipta di ajang liga Inggris yang menjadikannya sebagai nomor dua dalam daftar pemain paling subur Liverpool di Liga Inggris. Sayangnya, dengan catatan mentereng itu, Gordon dan pernah membawa Liverpool menjuarai Liga.

  • Ian Rush
Ian Rush striker terbaik Liverpool

Legenda besar yang mungkin paling terkenal di kalangan Kopites adalah Ian Rush, legenda asal Wales ini memang harus diakui sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah Liverpool. Bahkan faktanya dia menduduki daftar teratas pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool di semua ajang dengan 346 gol. Tapi di kancah Liga Inggris, Ian Rush masih kalah dari Roger Hunt dan Gordon Hodgson, sebagaimana Rush mencetak 229 gol di ajang Liga Inggris selama membela Liverpool.

Walau demikian, legenda yang membela Liverpool selama tiga periode berbeda ini, sukses mengantarkan klub meraih 18 gelar juara, termasuk lima gelar Liga Inggris.

  • Billy Liddell

Billy Liddell, mungkin hanya segelintir fans Liverpool yang kenal persis dengan sosok legenda satu ini, faktanya dia adalah salah satu pemain paling subur Liverpool di Liga Inggris. Membela Tim Marseyside dalam periode yang sangat lama 27 tahun, sejak 1938 hingga 1961, Liddel berhasil mengoleksi 215 gol di ajang liga Inggris untuk Liverpool. Dia juga sukses mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Inggris di tahun 1947.

  • Robbie Fowler
Robbie Fowler pemain tersubur Liverpool

Dan yang terakhir, yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan hanya fans Liverpool tapi juga fans Liga Inggris secara umum, adalah Robbie Fowler. Sosok yang saat ini masih bekerja untuk Liverpool sebagai salah satu duta besar klub, memang harus diakui sebagai satu dari sekian banyak striker terbaik Liverpool. Fowler membela Liverpool pada dua periode berbeda, pertama periode 1993 hingga 2001 dan periode 2006-2007. Dalam dua periode tersebut, dia berhasil mengoleksi 128 gol di ajang Liga Inggris.