Pemain Bola Legenda di Liga Italia

Serie A italia adalah salah satu kompetisi major atau yang utama di Eropa, namun begitu dalam 10 tahun terakhir ini kompetisi utama Serie A Italia itu masih dipandang sebelah mata, kalah populer dengan Liga Primer Inggris dan La Liga Spanyol. Padahal, di era 90-an sampai awal 2000-an, Serie A Italia pernah dianggap sebagai ‘kiblatnya’ Liga-Liga Eropa, dan liga tersebut pernah diisi oleh para pemain top dunia. Mereka pemain non-Italia yang berkarir di Italia kini dianggap sebagai legenda-legenda besar, siapa saja ? Berikut 5 Pemain sepakbola Legendaris Yang Pernah Merumput di Serie A Italia.

  • Diego Maradona
Diego Maradona Pemain Legend Liga Italia

Siapa yang tak kenal Diego Maradona ? Banyak julukan yang disematkan kepada mantan pemain tim Nasional Argentina ini, saking melegenda namanya dalam sejarah sepakbola. Gol tangan Tuhan yang dia ciptakan pada babak perempat final Piala Dunia 1986 silam begitu fenomenal, terlepas dari itu dialah sosok dibalik keberhasilan Argentina menjadi juara dunia di Meksiko kala itu. Bahkan, banyak pihak yang mengklaim bahwa Maradona adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Dalam karirnya di level klub, Maradona membela banyak klub, termasuk diantaranya Napoli. Ya, Maradona adalah seorang Neapolitans, menjadi legenda klub usai mencatat suksesnya bersama Partenopei pada periode 1984 hingga 1991. Lima gelar dipersembahkan Maradona untuk Napoli, termasuk dua Scudetto diantataranya.

  • Ronaldo Luiz Nazario de Lima
Baca juga:   5 Pemain Bertahan Terbaik Liga Italia Dalam Sejarah
Ronaldo Luiz Nazario de Lima

Sama seperti Pele, Ronaldo Luiz Nazario de Lima juga dikenang sebagai salah satu legenda besar sepakbola Brazil dengan julukan ikonik, The Phenomenon atau Sang Fenomenal. Terlepas dari fakta bahwa dia belum pernah memenangkan gelar Liga Champions Eropa hingga gantung sepatu dan sering kali bermasalah dengan cedera, tapi harus diakui, Ronaldo adalah salah satu legenda besar sepakbola. Sepanjang karirnya, Ronaldo membela banyak klub, dan dia pernah berkarir di Serie A Italia di dua klub berbeda, Inter Milan pada periode 1997-2002, dan AC Milan pada musim 2007-08.

  • Ronaldinho
Ronaldinho Pemain Legenda di Liga Italia

Satu lagi pemain legendaris yang pernah merumput di Liga Italia, Ronaldinho. Setelah resmi meninggalkan Barcelona pada tahun 2008, yang mana kala itu mengejutkan banyak pihak, Ronaldinho memutuskan hijrah ke Serie A Italia dan membela AC milan. Sayang, karirnya bersama Rossoneri tak berlangsung lama. Di musim 2010/11, dia turut berperan mengantarkan Milan memenangkan Scudetto, tapi sekaligus jadi musim terakhirnya bersama Rossoneri.

  • Michel Platini
Michel Platini Pemain Legend Serie A Italia

Mantan Presiden UEFA ini juga masuk dalam daftar pemain legendaris yang pernah merumput di Serie A Italia. Sosok yang dikenal luas sebagai legenda Prancis ini pernah membela Juara bertahan Serie A Italia, Juventus selama periode 1982 hingga 1987. Dalam lima tahun, Platini sukses antarkan Juventus meraih 7 gelar juara, termasuk dua trofi Scudetto dan satu gelar Liga Champions Eropa.

  • Dida
Baca juga:   Aturan Format Terbaru Liga Champions Eropa

Lagi-lagi legenda Brazil, kali ini adalah kiper Legendaris tim Samba, Dida. Memang pemain Brazil di Era 90-an lebih senang berkarir di Serie A italia, dan Dida sendiri membela AC Milan selama tak kurang dari 10 tahun lamanya. Bersama dengan Rossoneri, yang bersangkutan sukses memenangkan delapan gelar juara bergengsi, seperti juara Serie A Liga Italia, Coppa Italia, Piala Super Italia, Piala Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa, dan terakhir berhasil meaih gelar Piala Dunia antar klub. Selama 10 tahun, Dida mencatatkan 206 caps untuk Rossoneri, dan dikenang sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah klub AC Milan sampai sekarang.