Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Surat Pembaca
01 Desember 2011 | BP
Visi Maritim Dapat Diwujudkan Melalui Manajemen yang Jitu
Indonesia menjadi negara kepulauan sejak ditetapkan melalui Deklarasi Juanda pada tahun 1957. Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia dan secara internasional diakui melalui Konvensi Hukum Laut PBB yaitu United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982 yang telah diratifikasi Indonesia dalam Undang-undang No.17 tahun 1985.

Pengakuan Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS 1982) kepada Indonesia sebagai Negara Kepulauan membawa konsekuensi yuridis, yaitu bahwa perairan Indonesia akan menjadi suatu wilayah yang utuh, di mana batas lautnya diukur dari titik pulau-pulau terluarnya. Pasal 47 ayat (1) UNCLOS 1982 menyebutkan bahwa, Negara Kepulauan berhak menarik garis pangkal kepulauan (archipelagic baseline) sebagai dasar pengukuran wilayah perairannya dari titik-titik terluar dari pulau-pulau terluarnya. Sehingga, bagi Indonesia sebagai negara yang berbentuk kepulauan, keberadaan pulau-pulau kecil terluar kemudian memiliki nilai strategis yang sangat penting. Karena, berdasarkan UNCLOS 1982 pulau-pulau terluar tersebut digunakan sebagai titik dasar dari garis pangkal kepulauan Indonesia dalam pengukuran dan penetapan batas wilayah negara Indonesia dengan negara tetangga terutama dalam pengukuran dan penentuan batas wilayah perairannya.

Saat ini negeri kita merasakan betul betapa rawannya wilayah kelautan Indonesia, di samping pencurian kekayaan laut juga adanya pencaplokan pulau-pulau kita yang sulit untuk dipantau karena keterbatasan personel dan peralatan TNI AL kita dalam mengamankan wilayah laut kita.

Terjadinya pergeseran watak kemaritiman bangsa Indonesia dikarenakan tidak dipenuhinya prakondisi menuju maritim. Tidak ada kedaulatan negara di dunia ini yang dibangun di atas lautan. Artinya sebelum membangun wawasan maritim yang kuat, dibutuhkan syarat utama terbangunnya kekuatan atas pertahanan matra darat. Manajemen yang baik serta upaya yang sigap dapat menjadi senjata yang ampuh dalam upaya memperkokoh pertahanan negara melalui kekuatan maritimnya.



Gusti Ayu Kade Tuti Wardani

Dusun Tegal Gede, Yehembang Kangin

Kec. Mendoro, Jembrana



[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak