Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
14 Maret 2013 | BP
Nonton Ogoh-ogoh, Dapur Terbakar
Gianyar (Bali Post) -

Riuhnya suasana pengusungan ogoh-ogoh saat malam pangerupukan, Senin (11/3), berakhir duka bagi keluarga Ni Made Tui (55), yang tinggal di Jalan Majapahit, Gang Gunung Agung Nomor 4 Gianyar. Dapur miliknya ludes terbakar akibat percikan sisa api kayu bakar. Jilatan api pun nyaris menyambar bangunan bale dangin yang ada di rumah tersebut.

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, peristiwa kebakaran diketahui sekitar pukul 20.25 wita. Saat kejadian, korban meninggalkan rumah untuk menonton ogoh-ogoh yang jaraknya tak jauh dari rumahnya. Namun ketika meninggalkan rumahnya, tanpa disadari sisa api kayu bakar yang baru selesai merebus ketupat keluar dari mulut dapur tradisional dan menyambar benda-benda kering yang ada di sekitarnya.

Tak berlangsung lama, api membesar meludeskan seisi dapurnya. Kejadian tersebut diketahui oleh salah seorang tetangganya yang kemudian memberi tahu pemilik rumah dan menghubungi petugas pemadam kebakaran. Dua unit pemadam kebakaran langsung menuju lokasi. Beruntung, situasi jalan waktu itu agak lengang.

Namun sayang, petugas juga kesulitan menuju ke lokasi karena jalan menuju rumah korban sempit. Dengan tambahan selang milik petugas kebakaran, akhirnya jilatan api bisa dihentikan sehingga tidak menyambar bangunan lainnya. Warga sekitar sempat membantu. Demikian pula Kepala Satpol PP Wayan Kujus Parwita sempat mendatangi lokasi.

Menurut Kasi Pemadam Kebakaran BPBD Gianyar Wayan Eka, kerugian pascakebakaran sebagaimana dikumpulkan oleh anggota PMK Gianyar sekitar Rp 50 juta. Kebakaran yang terjadi diperkirakan akibat kelalaian pemilik rumah. Dari keterangannya, sumber api berasal dari api sisa kayu bakar. Sebelumnya, di dapur korban sempat merebus ketupat dan makanan lainnya untuk persiapan hari Nyepi. (kmb16)




[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak