Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Nasional/Politik
24 Mei 2013 | BP
Tak Hadir Didenda Rp 90 Ribu
RAPAT pleno rekapitulasi suara pilgub tingkat KPUD Tabanan, Kamis (23/5) kemarin, menemui ganjalan. Tim PAS menolak menandatangani hasil rekapitulasi suara. Alasannya, sebanyak 554 suara PAS di Kecamatan Tabanan raib. Keberatan lainnya, hasil rekapitulasi di Kecamatan Baturiti terjadi kelebihan 9 suara bagi pasangan Pasti-Kerta.
Hasil penghitungan tim PAS, di Kecamatan Tabanan meraup 30.526 suara. Namun, hasil pleno hanya tercatat 29.982 suara. ''Jadi ada 544 suara yang hilang dari rekap formulir C1 di seluruh TPS,'' protes Anak Agung Made Suadana, saksi tim PAS. Sedangkan di Kecamatan Baturiti, Pasti-Kerta hanya mendulang 15.939 suara, tetapi dalam pleno tercatat 15.948 suara.
Pria ini juga membeberkan berbagai aksi kecurangan ketika masa tenang pilgub. Di antaranya di Banjar Payangan Tengah, Kecamatan Marga terjadi pemberian punia Rp 6 juta dan janji hibah Rp 63 juta kepada krama setempat. ''Kala itu ada satu warga yang tidak hadir, lalu kena sanksi denda Rp 90.000,'' jelasnya.
Kecurangan lainnya, di Banjar Ketimemes, Desa Sudimara, terjadi pembagian sembako bergambar Pasti-Kerta di masa tenang, termasuk arahan mencoblos pasangan nomor 2 tersebut. Aksi serupa juga terjadi di Desa Tunjuk, Tabanan dan Banjar Piling Kawan, Mengesta, Penebel. ''Dengan banyaknya kecurangan itu, kami sepakat tidak akan menandatangani hasil pleno,'' tegas Suadana.
Meski dituding melakukan kecurangan, dua saksi Pasti-Kerta tak menanggapinya dan menyatakan menerima hasil rekapitulasi. Sebab, angka yang muncul persis dengan hasil pleno tingkat kecamatan.
Hal senada diungkapkan Ketua Panwaslu Tabanan, Made Rumada. Pria ini mengaku tak mendapatkan laporan resmi dari tim PAS terkait indikasi kecurangan selama pilgub.
Ketua KPUD Tabanan Ida Bagus Kresna Dana menyatakan keberatan dari saksi PAS tidak akan berdampak pada tahapan pilgub. Artinya, pleno tetap berjalan, hasilnya langsung dikirim ke KPUD Bali. (kmb30)

[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak