Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Ekonomi/Pariwisata
16 Mei 2013 | BP
Pilgub Bali, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi
Denpasar (Bali Post) -

Badan Pusat Statistik (BPS) Bali memprediksi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali akan mendorong pertumbuhan perekonomian di Pulau Dewata ini. Hal ini dikarenakan banyak dana yang keluar-masuk yang akan memacu pertumbuhan ekonomi.

"Pilgup Bali mendukung positif pertumbuhan ekonomi karena perputaran ekonomi yang lebih banyak di mana konsumsi masyarakat akan meningkat," ujar Kapala BPS Bali Gde Suarsa, Rabu (15/5) kemarin.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan partai jelang Pilgub Bali berdampak pada pertumbuhan perekonomian periode mendatang. Dampak dari perhelatan ini diperkirakan mampu menyokong pertumbuhan ekonomi hingga satu persen. "Dampak pilgub terhadap ekonomi Bali karena ada pergerakan atau mobilisasi masyarakat maupun kegiatan yang lain secara massal. Namun, tidak signifikan saya perkirakan kurang dari satu persen berdampak pada petumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Selain dampak dari pilkada, pembangunan beberapa infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan Konferensi APEC 2013 yang akan berlangsung di Bali juga mendorong pertumbuhan ekonomi Bali dari sektor konstruksi. "Sekaligus pula meningkatkan kebutuhan terhadap bahan bangunan, khususnya bahan galian yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan sektor penggalian. Sektor ini tumbuh sebesar 16,46 persen disebabkan karena pertumbuhan sektor konstruksi yang mendorong peningkatan kebutuhan akan material penunjang seperti batu dan pasir," terangnya.

Dijelaskannya, secara umum perekonomian Bali selama triwulan I/2013 ini lebih baik dibandingkan kondisi perekonomian tahun lalu. Perekonomian Bali tumbuh 6,71 persen dibanding periode yang sama tahun 2012. Struktur PDRB dari sisi penggunaan masih didominasi oleh konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan Pembentukan Modal Tetap Domestik Bruto (PMTDB) yang masing-masing memberi kontribusi terhadap total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 55,71 persen, 13,80 persen, dan 36,73 persen. (kmb27)

[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak