Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
03 September 2013 | BP
TPG November-Desember 2012 Diperkirakan Cair September Ini
Singaraja (Bali Post) -

Tunjangan profesi guru (TPG) bulan November dan Desember 2012 yang hingga kini belum diterima ratusan guru di Buleleng diperkirakan akan cair pada bulan September ini. Terlambatnya pencairan dana TPG itu disebabkan karena sumber daya manusia yang mengurus pencairan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Buleleng, Dewa Manuaba, Senin (2/9) kemarin, mengatakan semestinya pencairan sudah bisa dilakukan pada akhir Agustus lalu. Namun karena ada kendala, akhirnya harus diundur dan diperkirakan bisa terealisasi pertengahan September mendatang atau paling lambat akhir September.

Menurutnya, keterlambatan pencairan dana TPG karena masalah sumber daya manusia dalam mengurus pencairan tersebut. "Petugas yang semestinya mengurus pencairan pada saat yang sama harus mengikuti pelatihan di Pemprov Bali," katanya. Kendala pencairan dana TPG juga terhambat oleh data pendidik. Nama-nama guru yang mendapat dana sertifikasi dan tercantum dalam SK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan nama-nama yang diajukan dua tahun silam.

Akibatnya, nama yang tercantum di dalam SK tidak sesuai dengan penerima saat ini. "Kini hanya guru SMA dan SMK yang belum cair, sementara guru TK hingga SMP sudah cair," katanya. Sebelumnya, guru SMA dan SMK di Buleleng resah karena tunjangan profesi guru (TPG) bulan November dan Desember 2012 belum dibayarkan hingga bulan Agustus 2012.

Jumlah guru yang sudah bersertifikat di Buleleng mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA tercatat 3.291 orang. Jumlah dana TPG yang mereka terima setiap bulan adalah setara dengan satu kali gaji pokok. Akhir Desember lalu, mereka sempat resah karena selama dua bulan mereka belum mendapatkan dana TPG. Biasanya para guru yang sudah bersertifikat itu menerima TPG tiga bulan sekali. (kmb15)


[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak