Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
27 Juli 2013 | BP
Kisruh Pilkades Kedisan Dibawa ke DPRD Bali
Gianyar (Bali Post)-

Kisruh pemilihan Perbekel Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, makin rumit. Masalah yang diwarisi oleh Bupati Gianyar terdahulu, kini masuk “meja kerja” Komisi I DPRD Bali. Hal ini buntut ketidaktegasan kebijakan sebelumnya yang kini malah menyisakan masalah yang tak jelas penyelesaiannya.

Bahkan Jumat (26/7) kemarin, Bupati Gianyar sempat memberikan klarifikasi kepada Komisi I DPRD Bali terkait masalah Pilkades Kedisan. Selain meminta klarifikasi sebagaimana surat DPRD Nomor 005/2473/DPRD, yang ditandatangani Ketua DPRD Bali Cok Ratmadi, sekaligus meminta Bupati Gianyar untuk segera menindaklanjuti calon terpilih pada Pilkades Kedisan atas nama I Gusti Ngurah Oka untuk dapat dilantik periode 2013 – 2019.

Hal ini mengindikasikan kasus ini sarat muatan politis. Padahal, sebagaimana Perda Kabupaten Gianyar Nomor 1 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Desa, pada pasal 110 huruf g, yang mengatur masalah umur bagi calon perbekel di Kabupaten Gianyar, sangat jelas calon terpilih saat ini umurnya melebihi ketentuan yakni, 60 tahun.

Atas undangan tersebut, Bupati Gianyar Anak Agung Gde Bharata dikonfirmasi kemarin, mengaku tidak hadir karena banyak kegiatan ke masyarakat. Bupati diwaliki Badan Kesbangpollinmas diminta untuk menjelaskan persoalan tersebut kepada DPRD Bali.

Menurut Agung Bharata, seingatnya masalah Pilkades Kedisan ini sudah dua kali sempat dibicarakan di DPRD Bali. Saat dirinya masih menjadi anggota DPRD Bali, masalah itu sempat disinggung. Namun kini, masalah itu akan dikaji kembali “Kami tidak ingin ketika mengambil kebijakan malah melanggar aturan,” tegasnya.

Sementara pemanggilan DPRD Bali, berkaitan adanya surat dari Prajuru adat dan dinas se-Desa Kedisaan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar nomor 02/Pre.AD/2013, ke DPRD Bali. Surat itu memohon tindak lanjut hasil rapat/musyawarah semua prajuru adat dan dinas se-Desa Kedisaan menyepakati tidak menerima pemilihan ulang Perbekel Desa Kedisan dan menetapkan calon terpilih Perbekel Kedisan atas nama I Gusti Ngurah Oka.

Sedangkan pascatidak dilakukan pelantikan usai Pilkades pada 28 Juni 2012, karena ada pihak yang keberatan, sesuai pasal 141 Perda 1 Tahun 2008, Bupati Gianyar telah mengangkat pejabat perbekel yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati atas usul BPD melalui camat. Hal ini dilakukan menghindari kekosongan jabatan. Pejabat perbekel yang ditunjuk pada 2 September 2012 adalah I Gusti Ngurah Oka. (kmb16)

[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak