Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
15 Mei 2013 | BP
Amankan Pilgub Mobil Rantis Siaga di Polres
Tabanan (Bali Post)-

Polres Tabanan terus mendapatkan bantuan pengamanan Pilgub. Setelah satu kompi Brimob, sebuah kendaraan taktis (rantis) ditempatkan di Tabanan, Selasa (14/5) kemarin. Mobil penghalau massa ini akan siaga selama pemungutan hingga penghitungan suara Pilgub berakhir. Untuk memudahkan operasional, kendaraan antihuru-hara tersebut diparkir di depan Mapolres.

Menurut Kapolres Tabanan AKBP Dekananto Eko Purwono, SIK., rantis yang disiagakan di Polres adalah kiriman dari Polda Bali. Kendaraan itu, katanya, akan membantu Polres mengamankan jalannya Pilgub. “Kendaraan itu akan siaga hingga 26 Mei mendatang,” kata Kapolres. Sesuai fungsinya, kendaraan itu akan diterjunkan jika terjadi kerusuhan atau amuk massa dengan teknologi penyemprot air. Ada beberapa petugas yang khusus mengoperasikan peralatan canggih tersebut.

Dijelaskan, pengamanan Pilgub sudah digelar sejak tahapan distribusi surat suara. Namun, mulai kemarin, personel Polres sudah diterjunkan mengawasi masing-masing TPS di seluruh Tabanan. “Kita sudah sebar pasukan yang akan menjaga TPS sesuai prosedur yang ada,” tegas Kapolres. Kemarin, Kapolres bersama Dandim 1619/Tabanan Letkol. Inf. Rudi Hermawan memeriksa kesiapan sejumlah TPS.

Menurut Kabag Operasional Polres Tabanan Kompol AA Rai Laba, model pengamanan masing-masing TPS berbeda didasarkan kategori kerawanan. “Ada rawan satu hingga tiga,” jelasnya. Bagi TPS rawan satu dijaga satu personel polisi, sedangkan rawan dua, dua TPS dijaga satu personel polisi. Sementara, TPS rawan 3, tiga TPS dijaga satu personel polisi.

Menurutnya, kerawanan TPS tidak didasarkan pada potensi konflik, melainkan letak geografisnya. Personel polres yang diterjunkan mengamankan TPS mencapai 824 personel.

Sementara itu, Ketua KPUD Tabanan IB Kresna Dana menjelaskan, jumlah pemilih Pilgub di Tabanan sebanyak 356.242 orang. Sedangkan petugas yang terlibat pelaksanaan Pilgub mencapai 6.237 orang. Rinciannya, 5.306 orang KPPS dan 934 orang PPS. “Sampai hari ini (kemarin-red), seluruh logistik sudah sampai ke masing-masing desa. Harapannya, seluruh warga bisa menyalurkan hak pilih besok (hari ini-red),” katanya di sela monitoring TPS, kemarin.

Pejabat ini meminta warga menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan rahasia. Menurutnya, keberhasilan Pilgub bisa dilihat dari tingginya partisipasi pemilih menyalurkan hak suara ke TPS. (kmb30)

[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak