Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
28 April 2013 | BP
Beda Warna, Kartu Suara Pilgub Rawan Dipalsu
Tabanan (Bali Post) -

KPUD Tabanan mulai dibuat pusing terkait kartu suara Pilgub Bali. Pasalnya, saat pelipatan, Sabtu (27/4) kemarin, ditemukan kartu suara yang beda warna. Perbedaan paling mencolok pada warna dasar logo Pemprov Bali dan kejernihan kartu suara. Temuan ini langsung dilaporkan ke KPUD Bali, apalagi jumlahnya cukup banyak.

Menurut Ketua Devisi Logistik KPUD Tabanan, Ketut Narta, perbedaan warna kartu suara itu cukup mengkhawatirkan. Sebab, rawan terjadi pemalsuan. Belum diketahui, pemicu perbedaan wana kartu suara tersebut. Sebab, kasus ini baru ditemukan ketika dilakukan pelipatan. ''Kami baru lihat perbedaan warna kartu suara saat pelipatan. Kondisi ini datang dari pabrik,'' kata Narta.

Meski gambarnya sama, KPUD mengkhawatirkan perbedaan kartu suara ini akan memicu polemik. Karena itu, pihaknya akan melaporkan temuan itu ke KPUD Provinsi. ''Kami masih hitung berapa jumlahnya yang beda warna, sekaligus dikonsultasikan ke KPUD provinsi,'' tegas Narta. Sekilas, kartu suara itu memang sama. Namun, jika diperhatikan, ada perbedaan pada dasar logo Pemprov Bali. Yang ideal, dasar logo Pemprov Bali bernawan biru tua, sedang satunya warnanya agak pudar, bahkan cenderung ke warna ungu. Lalu, tulisan dasar pemilu kada pada kartu suara terlihat pucat, mirip hasil fotokopi. Jika dibiarkan, KPUD Tabanan khawatir, kartu suara yang pudar akan mudah dipalsu.

Sementara itu, proses pelipatan kartu suara di Tabanan dibuat ekstra cepat. Dari total surat suara 368.366 lembar, ditargetkan selesai dilipat hanya dua hari, Jumat (26/4) hingga Sabtu kemarin. Padahal, batas pelipatan yang dijadwalkan selama lima hari. Menurut Narta, pihaknya sengaja mempercepat pelipatan kartu suara untuk mempermudah tahapan distribusi logistik. Untuk mempercepat pelipatan, pihaknya mengerahkan 70 orang tenaga borongan. ''Hampir 80 persen logistik pilgub sudah kami terima dan siap didistribusikan,'' jelasnya. Logistik itu akan dikirim ke masing-masing kecamatan pada H-2 dengan total TPS di Tabanan mencapai 758 titik. (kmb30)

[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak