Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
19 April 2013 | BP
Jelang Pencalegan Baru Satu Parpol Mendaftar ke KPUD
Tabanan (Bali Post)-

Pendaftaran bakal calon legeslatif (caleg) yang dibuka KPUD Tabanan, ternyata masih minim peminat. Buktinya, seminggu lalu dibuka, baru satu parpol yang mendaftarkan bakal calegnya. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi parpol pertama yang menyerahkan berkas bakal caleg ke KPUD, Kamis (18/4) kemarin.

Ketua KPUD Tabanan Ida Bagus Kresna Dana menjelaskan, pembukaan pendaftaran bakal caleg sudah dibuka sejak 9 April lalu. Kenyataanya, hingga kemarin baru PKS yang mendaftarkan bakal calegnya. “Kami sudah berikan imbauan kepada seluruh parpol peserta pemilu. Mereka kami minta mendaftarkan bakal caleg masing-masing,” kata Kresna Dana via telepon, kemarin.

Pejabat ini memprediksi, minimnya parpol yang mendaftar lantaran masih ada jeda waktu pendaftaran. Menurutnya, batas pendaftaran akan ditutup 22 April mendatang. “Ini kan masih ada jeda waktu beberapa hari. Kemungkinan, parpol akan mendaftar saat injury time atau detik terakhir penutupan,” katanya.

Dijelaskan, setelah parpol mendaftar, KPUD akan melakukan verifikasi persyaratan administrasi. Mulai ijazah, surat kelakuan baik dan lainnya. Jika dinyatakan lengkap, status bakal caleg dinaikkan menjadi caleg sementara. Mereka akan ditetapkan dalam daftar caleg sementara (DCS).

Tahapan selanjutnya, kata Kresna Dana, pemantapan dari DCS menjadi daftar caleg tetap (DCT). “Jadi, prosesnya masih panjang. Kami tunggu dulu pendaftaran bakal caleg dari masing-masing parpol,” tegasnya.

Jika ada parpol yang telat mendaftar, parpol tersebut dipastikan kehilangan calegnya maju dalam pemilu. Namun, parpol tersebut tetap diperbolehkan mengikuti ajang pemilu. Dia berharap, masing-masing parpol peserta pemilu segera mendaftarkan bakal caleg masing-masing. Sehingga, tahapan verifikasi administrasi bisa dipercepat.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Tabanan, Ngadenan, pihaknya mendaftarkan bakal caleg sesuai arahan dan jadwal dari Dewan Pimpinan Pusat. Di Tabanan, pihaknya hanya menerjunkan 11 bakal caleg dari 40 kursi yang diperebutkan. Mereka terdiri dari, dapil 1 (Tabanan-Kerambitan) 2 orang, Dapil 2 (Selemadeg raya-Pupuan) 2 orang, Dapil 3 (Penebel-Baturiti) 3 orang dan Dapil 4 (Kediri-Marga) 4 orang. “Kami menargetkan perolehan dua kursi dalam pemilu legeslatif (pileg) nanti,” tegasnya di sela menyerahkan berkas bakal caleg. Dua kursi yang dibidik berasal dari Dapil 3 dan 4. (kmb30)



[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak