Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
28 Februari 2013 | BP
Komet Gantikan Eka Wiryastuti di Dewan
Tabanan (Bali Post)-

Lama tak terdengar kabarnya, teka-teki pergantian antar waktu (PAW) Eka Wiryastuti dari kursi DPRD Tabanan, akhirnya terkuak. Penggantinya ternyata Nyoman Arnawa alias Komet, kader PDI-P asal Wongaya Betan, Desa Mengesta, Penebel. SK pergantian ini sudah turun dari Gubernur dan siap dilantik di gedung DPRD.

Ketua DPRD Tabanan, Ketut “Boping” Suryadi membenarkan turunnya SK PAW Eka Wiryastuti tersebut. Politisi PDI-P ini menjelaskan, SK sudah diterima pimpinan DPRD setelah diproses selama sebulan di kantor Gubernur. Selanjutnya, DPRD akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk menjadwalkan pelantikan PAW. “SK sudah kita terima, tinggal menunggu hasil rapat Banmus untuk pelantikan,” kata Ketua DPC PDI-P Tabanan ini, Rabu (27/2) kemarin.

Pengganti Eka Wiryastuti kata Boping berasal dari Daerah pemilihan (Dapil) III Tabanan, wilayah Penebel dan Baturiti. “Soal polemik terdahulu, sudah tidak ada urusannya lagi. Yang jelas SK PAW sudah turun dan tinggal menggelar pelantikan,” pungkasnya. Dengan turunya SK PAW, jumlah anggota fraksi di PDI-P Tabanan dipastikan utuh 27 orang. Selama ini, satu kursi yang ditinggalkan Eka Wiryastuti dibiarkan lowong. Penyebabnya, sempat terjadi polemik seputar PAW tersebut. Muncul perbedaan persepsi antara DPC PDI-P Tabanan dan KPUD Tabanan terkait pengganti Eka yang menang pilkada.

Kala itu, versi DPC PDI-P, pengganti Eka Wiryastuti adalah Komang Sugiharta alias Brengkik. Kader ini sah berdasarkan keputusan partai dan sempat diajukan ke KPUD Tabanan. Namun, versi ini berbeda dengan keputusan KPUD Tabanan. Hasil pleno KPUD Tabanan kala itu, memutuskan, pengganti Eka Wiryastuti adalah Nugrahita Pendit alias Tut Jai. Alasannya, dari perolehan suara, calon legeslatif ini yang layak. Sementara versi DPC PDI-P, Tut Jai sudah dipecat dari keanggotaan partai. Kasus pemecatan ini sempat berbuntut ke Pengadilan Negeri (PN) Tabanan.

Kursi Eka Wiryastuti di DPRD Tabanan terpaksa ditinggalkan lantaran memenangkan Pilkada Tabanan, tahun 2010 silam. Sebelumnya, putri mantan Bupati Adi Wiryatama ini menjadi wakil rakyat di Tabanan dan duduk di fraksi PDI-P. (kmb30)





[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak