Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
07 Nopember 2012 | BP
Heboh Foto Bugil Siswi Pelaku Dipindah, DPRD Panggil Kadisdik
Tabanan (Bali Post)-

Heboh foto bugil siswi SMA Tabanan membuat Komisi IV DPRD Tabanan turun tangan. Komisi yang membidangi pendidikan ini langsung melakukan sidak ke sekolah pelaku, Selasa (6/11) kemarin. Hasilnya, pelaku ternyata sudah dipindah ke sebuah sekolah di luar Tabanan. Keluarga pelaku terpaksa mengajukan pindah karena tak ingin dihantui rasa malu.

Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, Gede Purnawan mengaku kecewa dengan munculnya kasus foto bugil siswi tersebut. Menurutnya, kasus ini sangat mencoreng citra dunia pendidikan di Tabanan. Karena itu, dia mendesak Polres mengusut tuntas pengedar foto bugil tersebut, sekaligus meminta klarifikasi dari Dinas Pendidikan Tabanan terkait kasus itu.

Purnawan menjelaskan, dari hasil sidak, pelaku sudah mengakui perbuatannya. Sayangnya, pelaku yang masih duduk di bangku kelas dua tersebut mengaku lupa kapan foto itu dibuat. ''Pengakuannya dibuat di rumah kos, hanya waktunya lupa,'' kata politisi PDI-P ini. Kata Purnawan, begitu foto bugilnya mencuat, pihak keluarga pelaku mengajukan surat pindah ke luar Tabanan. Pihak sekolah pun menyetujuinya. Menurutnya, pihak sekolah sudah memberikan pendidikan dengan baik. Sementara kasus foto bugil itu berada di luar jangkauan pendidik.

Muncul dugaan, penyebar foto mesum itu adalah mantan teman dekat pelaku yang sakit hati. ''Karena itu, kita mendesak polisi mengusut kasus ini. Korbannya tak hanya pelaku, melainkan keluarga dan pihak sekolah,'' jelasnya.

Purnawan menambahkan, kemarin pihaknya sudah memanggil Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tabanan Putu Santika. Sayangnya, pejabat ini belum bisa datang ke gedung dewan lantaran ada tugas yang tak bisa ditinggalkan. ''Kami akan tetap meminta klarifikasi untuk penataan pendidikan ke depan,'' tegas politisi asal Pupuan tersebut.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tabanan AKP Eko Kurniawan menegaskan, pihaknya akan menelusuri siapa penyebar foto bugil siswi tersebut. Menurutnya, kasus ini bisa dijerat dengan pidana karena cukup merugikan. ''Kita akan terjunan anggota untuk menelusurinya,'' tegas perwira asal Solo, Jawa Tengah tersebut. Dijelaskan, penyebar foto bugil bisa dijerat dengan hukuman berat.

Foto bugil siswi SMA beredar luas di Tabanan. Dalam foto itu, seorang remaja berpose tanpa busana. Suasananya mirip di sebuah kamar dengan latar belakang kain korden berwarna ungu. Melihat posenya, foto itu sengaja diambil oleh pelaku. Sebab, posisinya persis menghadap ke kamera. Bahkan, mimik wajahnya terkesan mengejek pengambil gambar. Bagian dadanya terlihat jelas. (kmb30)





[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak