Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
28 Nopember 2011 | BP
HUT Ke-518 Kota Tabanan
Pemuda Bali Bersatu Ikut Meriahkan Kirab Pusaka Sagung Wah
Tabanan (Bali Post) -Perayaan HUT ke-518 kota Tabanan dimeriahkan dengan kirab pusaka Sagung Wah, dimulai dari terminal Tuakilang menuju taman kota Tabanan, Minggu (27/11) kemarin. Kirab yang diikuti oleh yowana puri dan seluruh perwakilan puri se-Tabanan tersebut, juga diikuti oleh organisasi masyarakat (ormas) salah satunya, Pemuda Bali Bersatu (PBB).

Suasana heroik dan patriotik terlihat dalam rangkaian kirab pusaka Sagung Wah, sosok Srikandi Tabanan yang gagah berani melawan penjajah Belanda. Pusaka keris peninggalan Sagung Wah dalam pertempuran tersebut diarak dengan suasana religius. Prosesi kirab dan napak tilas tersebut dibuat persis saat perang tahun 1908 lalu. "Kami sangat terharu dengan kirab pusaka ini, sehingga nilai-nilai patriotik dalam perjuangan Sagung Wah menjadi suri teladan bagi kita semua,'' kata Anak Agung Winaya, S.E., salah seorang kerabat Puri Kamasan.

Semangat dari nilai-nilai perjuangan Sagung Wah, hendaknya dijadikan spirit dalam membangun Tabanan yang serasi oleh pemimpin-pemimpin Tabanan. Seperti diungkapkan Gusti Ketut Wardana, S.E., Sekretaris Cabang Pemuda Bali Bersatu Tabanan yang mengkoordinir ratusan anggotanya untuk memeriahkan kirab tersebut. Kekompakan personel Pemuda Bali Bersatu ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan untuk pembangunan kota Tabanan menuju pemerintahan yang serasi.

Selama kirab, seluruh personel Pemuda Bali Bersatu dengan kompak mengawal iring-iringan, termasuk ikut membentangkan spanduk ucapan bagi HUT ke-518 kota Tabanan. Beberapa di antaranya ikut membawa bendera dan panji perjuangan Sagung Wah. Harapannya, dengan HUT ini, Tabanan akan terus membangun dengan semangat perjuangan dari Sagung Wah. (udi/*)





[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak