Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
13 September 2011 | BP
Batal, Penandatanganan Perdamaian Songan-Kawan
Bangli (Bali Post) -

Penandatanganan draf perdamaian antara Songan dan Kawan di kantor SKB Susut dijadwalkan Senin (12/9) kemarin batal dilakukan. Bupati Bangli Made Gianyar dipanggil secara mendadak oleh Menbudpar di Jakarta untuk mengikuti pembekalan persiapan pengumuman geopark, 16 September di Norwegia.

Di samping itu, pembatalan penandatanganan draf perdamaian juga disebabkan oleh adanya desakan tokoh masyarakat Songan agar tiga warganya yang kini masih ditahan di Polda Bali bisa dibebaskan. Demikian dikatakan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bangli Made Mahindra, kemarin. Menurutnya, Bupati awalnya menginginkan agar penandatanganan damai bisa segera dilakukan Senin. Tetapi, Menbudpar mewajibkan dua bupati yakni Bangli dan Pacitan, Jatim mengikuti pelatihan oleh tim geopark di kantor Menbudpar sejak Senin - Rabu. Sebelum bersama-sama bertolak mengikuti sidang UNESCO selama dua hari di Norwegia.

"Pimpinan awalnya baru akan berangkat menuju Jakarta setelah penandatanganan selesai dilakukan. Tetapi Jakarta memerintahkan lain, Bupati harus segera datang ke Jakarta. Sehingga Minggu malam, pimpinan sudah berangkat," ujarnya.

Begitu juga dengan permintaan tokoh Songan agar warganya dibebaskan dan dimasukkan dalam draf perdamaian masih dikaji tim. Karena kasus bentrokan menjerat tiga warga Songan dan dua warga Kawan merupakan kasus pidana. (kmb17)





[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak