Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
05 April 2011 | BP
HUT Ke-240 Kota Gianyar
Kering Muatan Lokal, Dianggarkan Rp 1 Miliar
Dua puluh hari ke depan mulai Selasa (5/4) hingga 25 April mendatang, Pemkab Gianyar akan mengadakan sejumlah kegiatan terkait HUT ke-240 Kota Gianyar. Berdasarkan jadwal yang diterima Bali Post, kegiatan HUT ini puncaknya 19 April 2011. Seperti apa kemeriahannya?


MEMPERINGATI hari ulang tahun seakan mengingatkan pada sebuah acara yang penuh glamor. Dalam keterangan pers yang diberikan pihak panitia, kegiatan tahunan yang diperkirakan menghabiskan dana Rp 1 miliar ini rupanya kering akan aktivitas penggalian potensi yang bermuatan lokal. Padahal, sejumlah warga di Gianyar menginginkan perayaan HUT Kota Gianyar bukan hanya seremonial belaka, tetapi digunakan untuk melihat ke belakang, apakah tujuan pembangunan menuju rakyat yang sejahtera sudah berhasil? Janji-janji dan visi, misi Bupati sebelum terpilih apakah sudah dipenuhi? ''HUT yang glamor dan membuang-buang uang rakyat, hanya akan menghasikan kesengsaraan,'' kata sejumlah warga di Gianyar kepada Bali Post.

Gianyar, lanjutnya, dapat menjadi embrio baru dalam bidang seni dan budaya bagi generasi mendatang. Hanya ruang untuk itu sangat minim. Kegiatan HUT Kota Gianyar lebih pada pementasan uji coba duta Kabupaten Gianyar dalam PKB mendatang. Pergelaran sanggar dan sekaa sebun seni dan budaya yang ada di pelosok kabupaten selama ini sama sekali tak tersentuh dalam event seperti itu.

Pementasan seni dan budaya, di luar uji coba duta PKB hanya dipentaskan kesenian drama gong dan pragmen tari kolosal ''Kebo Iwa''. Selebihnya, kegiatan yang normatif, di antaranya lomba antar-SKPD, lomba mancing, kegiatan sosial, lomba drum band, parade budaya dengan melibatkan gajah, pasar rakyat, konser musik nasional (Geisha Band), dan lain-lain.

Menariknya lagi, kegiatan menulis kartu pos ''Aku Cinta Gianyar''. Di mana kegiatan ini melibatkan siswa dengan membeli kartu pos Rp 1.500, yang berisi foto dari Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Apa kata Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati terhadap kegiatan yang menelan dana Rp 1 miliar itu? HUT Kota Gianyar tahun ini sengaja dikemas semeriah mungkin. Namun dalam hal ini, dia tidak ingin dikatakan sebagai ajang mencuri start dalam hajatan demokrasi mendatang, berhubungan adanya foto dalam kartu pos.

''Saya sendiri belum tahu nasib saya pada 2013 mendatang,'' jelasnya. (dar)


[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak