Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Kabupaten
27 Januari 2011 | BP
Bukit Cemara Geseng Retak
Warga Sudaji Sembahyang Bersama
Singaraja (Bali Post) -
Warga Desa Pakraman Sudaji, Kecamatan Sawan, Rabu (26/1) kemarin, melakukan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan dan terhindar dari bencana alam. Ini dilakukan karena bagian tebing bukit di hutan sekitar wilayah Pura Cemara Geseng retak.

Warga Desa Pakraman Sudaji sebenarnya sudah cukup lama mendengar informasi bahwa tebing bukit di hutan sekitar wilayah Pura Cemara Geseng tersebut retak. Warga mempercayai kondisi itu karena ada warga yang beberapa kali kesurupan. Dalam kondisi kesurupan itu, warga menyampaikan pesan tentang kondisi tebing bukit yang retak di hutan sekitar wilayah Pura Cemara Geseng. Dalam pesan warga Sudaji diminta menggelar persembahyangan di Pura Bale Agung untuk memohon keselamatan. Selain pesan menggelar persembahyangan di Pura Bale Agung, prajuru desa adat setempat juga diminta menggelar upacara di Pura Bukit Madia yang berada di bawah Pura Cemara Geseng.

Jero Bendesa Pakraman Sudaji, I Nyoman Sunuada, mengatakan warganya menggelar persembahyangan bersama untuk mohon keselamatan. Ia membenarkan persembahyangan dilakukan terkait adanya kabar tentang bagian tebing bukit yang retak di hutan sekitar wilayah Pura Cemara Geseng. Kendati membenarkan kabar retaknya bukit tersebut, ia mengaku belum sempat turun ke lokasi. ''Saya belum ke lokasi. Soal benar tidaknya keretakan itu, saya juga belum berani memastikan. Tetapi karena ada pewisik melaksanakan persembahyangan, ya kita jalankan. Persembahyangan itu kan tidak ada salahnya, ini kan demi keselamatan,'' kata Jero Bendesa Sunuada.

Dari informasi yang beredar, bagian tebing bukit yang retak itu berada di perbukitan Bangkiang Jaran antara Desa Lemukih (Kecamatan Sawan) dengan Desa Silanjana (Kecamatan Sukasada). ''Sebenarnya lokasi itu merupakan bagian dari Desa Lemukih dan Desa Silanjana, tetapi karena kita juga memanfaatkan wilayah itu ketika ke Pura Cemarang Geseng, maka kita perlu mohon keselamatan,'' katanya. (kmb15)

[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak