Untitled Document
  • Margarana
  • Hari Pahlawan
» Berita Politik
25 April 2009 | BP
Hanya 11 Caleg 'Incumbent' Bertahan
PDI-P Anjlok, Demokrat Meroket di Renon
Denpasar (Bali Post) -
Akhirnya suara PDI Perjuangan DPRD Bali benar-benar anjlok dari 51,34% pada Pemilu 2004 menjadi 40,94% (740.366 suara) pada Pemilu 2009. Penurunan juga terjadi pada suara Golkar dari 18,11% menjadi 16,76 persen (303.098 suara). Hilangnya kedua suara parpol besar itu direbut oleh Partai Demokrat. Partai berlambang segitiga berlian ini pada Pemilu 2004 suaranya hanya 5,53%. Kini naik tiga kali lipat menjadi 264.200 (14,61%). Disusul Hanura 67.980 (4,6%), PNI-M 51.570 (3,76%) dan Gerindra 44.554 (2,46%)

Otomatis kursi yang direbut PDI-P turun 6 kursi dari 30 pada Pemilu 2004 menjadi 24. Partai Golkar turun 2 kursi dari 14 menjadi 12. Partai Demokrat naik lebih dari tiga kali lipat dari tiga kursi pada Pemilu 2004 menjadi 11 kursi pada Pemilu 2009. Kursi lainnya direbut Gerindra 2 kursi, satu kursi masing-masing Hanura, PNI-M, PKPI, PKPB, PNBK, Pakar Pangan.

Dari 55 kursi DPRD Bali terdapat 32 calon legislatif incumbent. Dari jumlah tersebut yang kembali menghuni rumah wakil rakyat di Renon tinggal 11 orang. Mereka itu Made Arjaya, IGP Budiarta, Cok. Budi Suryawan, Drs. Wayan Gunawan, Ida Bagus Birawa, Ir. Ketut Suania, Putu Agus Suradnyana, Ketut Kariyasa Adnyana, Gede Kesuma Putra dan Dewa Rai. Istimewanya, dari para wakil rakyat yang kini masuk Renon, ada mantan Wagub IGB Alit Putra, mantan Sekda Bali Ngakan Made Samudra, S.H., empat mantan Bupati A.A. Ngurah Oka Ratmadi (Badung), mantan Bupati Gianyar Cokorde Budi Suryawan dan A.A. Bharata dan mantan Bupati Klungkung Cok. Ngurah. Ada juga dua mantan calon bupati yang gagal yakni Drs. Wayan Gunawan (Bangli) dan Nyoman Sugawa Korry (Buleleng) serta mantan Wabup Karangasem IGP Putu Wijera.

Kepastian mereka yang lolos ke kursi wakil rakyat di Renon itu terungkap dari para ketua KPUD kabupaten/kota se-Bali pada rekapitulasi hasil perolehan suara DPRD Bali, DPD-RI dan DPR-RI, Jumat (24/4) kemarin di Ruang Wiswa Sabha Utama Renon.

Ketua KPUD Bali Lanang Perbawa, S.H., M.H. yang memimpin rapat tersebut, tidak menyebut nama-nama caleg DPRD Bali yang lolos menjadi wakil rakyat ke Renon karena sudah ditetapkan KPU kabupaten/kota. 'Kini hanya rekapitulasi suara partai untuk DPRD Bali,' katanya.

Rapat rekapitulasi penghitungan suara partai dan DPD berjalan alot sejak pukul 09.00 wita sampai pukul 18.00 wita kemarin. Alotnya penghitungan suara disebabkan pembacaan suara dari KPU kabupaten/kota yang memakan waktu lama sampai penandatanganan saksi-saksi DPD dan parpol. Sementara keberatan dan protes yang disampaikan dari saksi caleg dan DPD tak digubris. Seperti saksi dari PDK Windu Santosa yang menolak hasil penghitungan suara KPU Karangasem tanpa alasan jelas. (029)



Komposisi Anggota DPRD Bali
Periode 2009-2014

PDI Perjuangan
A.A. Ngurah Oka Ratmadi, S.H., Made Arjaya, S.E., Ir. IGP Budiarta (Denpasar). Disel Astawa, S.E., Tama Tenaya, S.Sos., Drs. Nyoman Laka (Badung), Sang Nyoman Sedana Artha, Hening Puspita Rini (Bangli), Ketut Mandia (Klungkung), Wayan Sukaja, Sudana, Suryanta Putra, Suamba, Gede Putra Astawa (Tabanan), Agus Suradnyana, Kariyasa Adnyana, Kesuma Putra dan Dewa Nyoman Rai (Buleleng), Ida Bagus Birawa (Jembrana), A.A. Gede Agung Bharata, Nyoman Parta, S.H. dan Made Budastra (Gianyar), Gede Sudarma, Made Sumiati (Karangasem).

Partai Golkar
Nyoman Wirya, Lanang Bayu Wibiseka, Sugawa Korry, Cok. Budi Suryawan, Cok. Kerthyasa, Ketut Suania, Ketut Suwandi, I.B. Udiyana, I.B. Pada Kesuma, Rawan Atmaja, Wayan Gunawan, Cok. Ngurah.

Partai Demokrat
IGB Alit Putra, Sri Utami, Cok. Anom Asmara, Ngakan Made Samudra, IGP Wijera, Rai Putrayasa, A.A. Januraga, Wayan Adnyana, Tuti Kusuma Wardani, Nengah Tamba, Ketut Suardi.

Partai Hanura
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana

Partai Gerindra
Nyoman Tirta dan I.B. Sukarta, S.E.

PNI-M
Kari Subali


Pakar Pangan
Ketut Agus Mas Sewi Putra

PKPB
Ketut Adi Mahayasa

PKPI
Wayan Sukarena.



[ Kembali ]

 
Balipost.com--Berita Bali Post Online Edisi Cetak