cara latihan pemain bola

Sepakbola adalah Olahraga yang bisa dimainkan semua orang dan tentu saja merupakan olahraga yang menyenangkan, baik untuk dilakukan atau hanya jadi tontonan. Setiap orang bisa bermain sepakbola, tapi untuk menjadi seorang pemain sepakbola professional, terlebih lagi yang Pro atau Ahli, perlu dilakukan latihan rutin dan cukup keras.

Menjadi Pemain Bola Hebat Perlu Latihan Konsisten

cara latihan pemain sepakbola

Seseorang ketika memiliki bakat dalam olahraga sepakbola, bisa dikatakan ‘lebih mudah’ dalam bermain dan menjadi pemain top, tapi latihan tetap diperlukan untuk jadi seorang pemain bola yang hebat, dan tentu saja harus konsisten dalam melakukan latihan tersebut. Dari yang ringan sampai yang berat, berikut cara latihan untuk menjadi seorang pemain bola yang hebat.

Latihan Umum Untuk Menjadi Pemain Bola

  • Pemain bola pemula harus melatih diri dengan sering-sering bermain sepakbola dengan teman-teman atau tim sepakbola di daerah anda, entah itu untuk pertandingan ujicoba, atau kompetisi yang sesungguhnya. Dengan metode ini, skill kita akan semakin terasah, dan stamina juga menjadi lebih bagus.
  • Metode latihan sepakbola yang kedua adalah dengan membiasakan diri mengambil keputusan cepat dalam permainan, seperti mengumpan, menendang, menahan atau menyundul. Para pemain bola top dunia biasanya hanya perlu hitungan milidetik untuk menentukan keputusan harus berbuat apa di atas lapangan ketika menguasai bola atau berada di dekat bola.
  • Ketika anda adalah seorang yang kidal, maka biasakanlah melatih atau mengasah kemampuan kaki kanan, dan sebaliknya saat sering mengandalkan kaki kanan, sering-seringlah mengasah kemampuan kaki kiri sampai batas maksimal.
  • Terlepas dari posisi kita di atas lapangan, bertahan adalah latihan yang tetap dilakukan para pemain bola terbaik dunia, entah itu untuk merebut bola atau mempertahankan daerah kita dari pemain lawan. Jangan tergesa dalam merebut bola, kecuali jika memang sangat perlu, dan perhatikan pinggul pemain lawan dalam situasi one by one, karena pergerakan pinggul sudah pasti menunjukkan ke arah mana pemain tersebut akan mengarahkan bolanya.
  • Memperlihatkan kemampuan kepada penonton memang hal yang mengasyikkan, ada rasa bangga tersendiri ketika kelebihan kita diapresiasi publik, tapi untuk menjadi seorang pemain top, yang diperlukan justru meningkatkan kelemahan kita, sehingga lawan tidak bisa menemukan kelemahan kita di atas lapangan.
  • Latihan bola paling mudah mungkin adalah menyaksikan bagaimana penampilan para pemain pro secara langsung atau melalui video rekaman di youtube dan sosial media lainnya. Lihat dan perhatikan dengan baik bagaimana cara mereka bermain.
  • Dan latihan umum yang terakhir adalah siap menerima dan menampung setiap kritikan dan saran dari orang lain, apalagi dari pemain yang sudah berpengalaman.
Baca juga:   Begini Tips Agar Jago Bermain Bola Seperti Messi

Latihan Meningkatkan Kemampuan Kaki

latihan menendang bola
  • Latihan meningkatkan kemampuan kaki bagi pemain bola adalah dengan latihan menggiring bola, melalui rintangan , mengoper , menendang dan mengelola bola
  • Cobalah untuk terus berlatih mengirim umpan dengan cepat, karena semakin cepat kita mengumpan, semakin cepat juga aliran bola, yang nantinya akan membuat pemain lawan kesulitan menebak pergerakan bola dan menghentikan pergerakan kita.
  • Biasakan untuk berada dalam posisi kepala tegak saat sedang menggiring bola, karena dengan begitu pergerakan kaki akan lebih mudah, dan pemain lawan juga kesulitan menebak pergerakan kita.
  • Asah terus skill olah bola kita seperti Flip Flap, Scissors, Stop and Go, Juggling dan lainnya, karena bagaimanapun skill-skill tersebut juga sangat diperlukan dalam sepakbola.

Melatih Kebugaran Untuk Stamina Saat Bermain Sepakbola

cara melatih kebugaran dalam sepakbola

Dan yang terakhir adalah melatih kebugaran tubuh kita agar tetap fit menjelang pertandingan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih kebugaran tubuh seperti Push up, Sit Up, Sprint, Renang, dan lain sebagainya.