hadiah uang liga champions

Liga Champions Eropa memang merupakan kompetisi prestisius yang tiap edisinya selalu diperebutkan sejumlah raksasa Eropa, para jawara di liga masing-masing seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Bayern Munchen, dan lainnya. Tekad kuat mereka memenangkan trofi tahunan ini tak hanya soal gengsi dan tingginya taraf dari turnamen tersebut, tapi juga keuntungan yang didapat lebih berlimpah. Tentu saja , sebagai penikmat olahraga yang satu ini, apalagi Liga Champions Eropa, kita penasaran berapa banyak uang yang didapat oleh pemenang kompetisi. Nah, UEFA sendiri telah meningkatan hadiah uang kepada para kontestan Liga champions Eropa dibanding edisi-edisi sebelumnya. Seperti apa lebih jelasnya ?

Uang Sudah Diberikan Sejak Lolos Ke Babak Penyisihan Group Liga Champions

hadiah uang di Liga Champions

Keuntungan dari ajang Liga Champions Eropa ini sudah terlihat sejak babak 32 besar, atau ketika kontestan berhasil menembus babak penyisihan group entah melalui jalur klasemen Liga Champions atau jalur play off. 32 tim yang berhasil lolos ke babak gugur, dipastikan mendapat hadiah uang sebesar 15,25 Juta Euro atau setara dengan 265,57 Milyar Rupiah. Artinya, UEFA sudah mempersiapkan dana sebesar 244 Juta Euro hanya untuk fase group saja, belum termasuk bonus.

Tapi tidak sampai disitu, tambahan bonus juga bisa didapat 32 tim tersebut, untuk satu kemenangan, sebuah klub berhak atas bonus senilai 2,7 Juta Euro, sementara hasil imbang akan menghasilkan 900 Ribu Euro saja. Artinya, jika sebuah tim berhasil meraih kemenangan di enam pertandingan fase group, maka bonus yang mereka dapatkan senilai 16,2 Juta Euro, atau sama dengan 282 Milyar Rupiah !

Baca juga:   Kumpulan Prestasi Cristiano Ronaldo di Liga Champions

Jika dibandingkan dengan kampanye musim 2017/18 kemarin, ada peningkatan yang cukup signifikan, dimana UEFA ‘hanya’ menghadiahi 12,7 Juta Euro bagi tiap kontestan yang lolos ke babak group Sedangkan 1,5 Juta Euro untuk setiap kemenangan dan 500.000 Euro untuk setiap hasil imbang.

Hadiah Lebih Kecil di Babak Gugur Liga Champions

Lolos ke babak gugur memang merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap kontestan di ajang tahunan ini, namun tahukah anda bahwa sebenarnya hadiah yang didapat di babak gugur, relatif lebih sedikit dibandingkan hadiah pada babak sebelumnya. Tapi tentu saja, jumlahnya akan lebih besar jika melangkah sampai ke babak final , hanya saja harus diingat juga bahwa hanya dua tim yang bisa mendapatkan penghasilan lebih besar karena berhasil melaju ke final.

Untuk babak 16 besar, setiap tim akan mendapatkan uang sebesar 9,5 Juta Euro dari UEFA atau jika di-Rupiahkan sebesar 165,43 Milyar . Sedangkan untuk tim yang berhasil lolos ke babak perempat final akan mendapatkan uang 1 Juta Euro lebih banyak dari yang didapat pada babak 16 besar, 10,5 Juta Euro atau setara dengan 182,44 Milyar Rupiah. Untuk empat tim yang lolos ke semifinal Liga Champions hadiahnya jelas lebih besar, yakni 12 Juta Euro atau sama dengan 208,96 Milyar Rupiah.

Baca juga:   Deretan Pemain Paling Sukses di Liga Champions

Penghasilan Melimpah Untuk Tim Yang Lolos Ke Final Liga Champions

final liga champions

Seperti yang kami katakan, hanya dua tim saja yang berhak melaju ke babak final kompetis Liga Champions Eropa, dan masing-masing dari mereka akan mendapatkan sebesar 15 Juta euro. Atau artinya, dua tim, entah menang atau tidak setidaknya sudah mengantongi uang total sebesar 62,25 Juta Euro dari hasil yang mereka dapatkan sejak babak penyisihan group, babak 16 besar, perempat final dan semifinal. Belum lagi jika ditambah dengan bonus di babak group, jika berhasil memenangkan semua laga di babak group, jika ditotal maka setiap tim di babak final akan mendapat uang sebesar 78,45 Juta euro.

Total Uang Untuk Juara Liga Champions Eropa

total uang pemenang liga champions

Sebenarnya, hadiah uang untuk tim yang berhasil keluar sebagai juara relatif kecil, hanya 4 Juta Euro saja, tapi jika ditotal dengan penghasilan setiap babak plus Bonus kemenangan di babak group, artinya tim yang keluar sebagai juara berhak mendapatkan uang sebesar 82,45 Juta Euro ! Atau setara dengan 1,3 Triliyun Rupiah !