fakta stadion Anfield

Fakta Stadion Anfield Selama Ini Yang Harus di Ketahui

Liverpool, adalah salah satu raksasa Liga Primer Inggris, namun bicara prestasi belakangan ini mereka memang kurang berprestasi, dan pencapaian ke final Liga Champions Eropa musim kemarin adalah pencapaian terbaik mereka selama beberapa tahun terakhir ini. Namun ketika berbicara Anfield di sisi lain, adalah salah satu bagian spesial dari Liverpool. Sebenarnya Anfield sendiri merupakan markas dari Liverpool, lantas apa yang spesial dari stadion kebangaan tim Marseyside tersebut ? Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai stadion Anfield.

Sejarah Besar Liverpool dan Tempat Yang Ditakuti Tim Lawan

fakta stadion bola Anfield

Anfield Stadium, terletak kota Liverpool, Marseyside, Inggris dan stadion ini sudah ada sejak tahun 1884 silam. Sebagai salah satu stadion bola tertua di Inggris, tentu saja anfield punya sejarah yang besar. Sejak dulu Anfield sudah jadi markas utama Liverpool, bahkan di era First Division, stadion yang satu ini sudah beberapa kali jadi saksi gelar juara yang pernah dimenangkan Liverpool. Karena sejarah dan nama besar tersebut, Anfield yang dianggap kerap mengintimidasi pemain lawan ini juga jadi salah stadion paling ‘angker’ di Eropa. Angker dalam hal ini karena stadion tersebut sering kali jadi ‘mimpi buruk’ bagi tim manapun yang bertandang ke sana.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Kandang Liverpool, Anfield

fakta menarik stadion Anfield

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Anfield adalah salah satu stadion tertua di Inggris, dan ada beberapa fakta menarik tentang stadion yang sudah berusia lebih dari satu abad ini, apa saja ?

  • Pada awalnya stadion ini adalah markas dari klub Liverpool lainnya, Everton, namun pada tahun 1891, Everton berpindah markas ke Goodison Park (Sampai Sekarang), lantaran adanya konflik dengan pihak pemilik stadion.
  • Adapun desain dari Anfield Stadium ini dirancang oleh seorang arsitektur ternama di zamannya, Archibald Leitchd. Menariknya saat merancang stadion ini, sang arsitek meletakkan lampu berwarna merah dan putih di setiap sisi stadion yang biasanya menyala saat malam hari.
  • Anfield sangat identik dengan tulisan ‘This Is Anfield’ yang terletak pada lorong menuju lapangan di tribun Main Stand. Tulisan tersebut sebenarnya digunakan untuk mengintimindasi pemain lawan, dan biasanya para pemain , staff serta pelatih di Liverpool akan menyentuh tulisan tersebut saat akan memasuki lapangan. Namun sejak Jurgen Klopp menjadi pelatih Liverpool pada 2015 lalu, ritual tersebut dilarang oleh manajer asal Jerman, sampai tim asuhannya berhasil memenangkan setidaknya satu gelar kompetitif.
  • Sama seperti kebanyakan stadion lainnya di Eropa, Anfield punya empat tribun saat ini antara lain The Spion Kop, Main Stand, Anfield Road dan Kenny Daghlish Stand.
  • Bob Paisley merupakan pelatih Legendaris Liverpool yang mengantarkan klub meraih empat gelar Liga Champions Eropa dan enam gelar liga Primer Inggris. Namanya diabadikan menjadi nama dua gerbang utama di Anfield Stadium.
  • Selain Bob Paisley, Bill Shankly merupakan salah satu pelatih legendaris dalam sejarah Liverpool. Karena prestasinya di masa lalu, sang legenda juga diabadikan dalam bentuk patun perunggu di salah satu sisi luar stadion. Dilihat dari posenya, terlihat jelas patung bill Shankly sedang menerima sanjungan dari para suporter, salah satu pose ikoniknya di masa lalu.
  • Selama eksistensinya, Anfield Stadium beberapa kali pernah direnovasi besar-besaran, terakhir pada tahun 2014 lalu. Pihak klub memutuskan untuk memperlebar tribun Main Stand, dan karena pelebaran ini, stadion Anfield sekarang bisa menampung 54 Ribu lebih penonton. Bahkan, karena invansi ini, Tribun Main Stand jadi all seater tribun terbesar di Eropa sekarang.
Baca juga:   Pemain Paling Subur Liverpool di Liga Inggris