kiper terbaik manchester united

Deretan Kiper Terbaik Manchester United Sepanjang Sejarah

Manchester United tidak dipungkiri merupakan salah satu klub sepakbola tersukses dalam sejarah sepakbola Liga Inggris, sebagaimana mereka berhasil meraih banyak sekali Prestasi di level domestik maupun eropa. Sebagian besar fans menganggap kesuksesan tim berjuluk Setan Merah tersebut dikarenakan kehadiran para penyerang legendaris klub seperti Sir Bobby Charlton, Eric Cantona, Wayne Rooney, Ryan Giggs, David Beckham atau Cristiano Ronaldo. Padahal faktanya, kesuksesan Manchester United selama ini tidak Cuma soal barisan lini serang saja, tapi pertahanan juga memegang andil yang sangat besar, termasuk kehadiran seorang penjaga gawang.

Bicara penjaga gawang, dalam sejarahnya, Manchester United memiliki deretan kiper terbaik Eropa, beberapa diantara mereka dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah klub , lantas siapa saja ? Berikut 4 nama penjaga gawang terbaik Manchester United sepanjang sejarah.

  • Alex Stepney

Mungkin banyak yang tidak mengenal sosok kiper legendaris yang satu ini, Alex Stepney yang lahir pada 18 September 1942 silam ini membela Panji Setan Merah selama periode 1966 hingga 1978. Bisa dikatakan, dia adalah suksesor kiper andalan United sebelumnya, Harry Greg. Disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Manchester United lantaran yang bersangkutan sukses mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi untuk raksasa Premier League tersebut.

Dia adalah kiper Inggris pertama yang memenangkan The European Cup atau yang sekarang populer dengan nama Liga Champions Eropa. Trofi tersebut dimenangkan Alex pada musim keduanya di MU, ketika itu Manchester United berhasil menang atas Benfica di babak final lewat skor akhir 4-1. Peranannya dalam pertandingan tersebut begitu signifikan, salah satu yang paling ikonik adalah ketika Alex melakukan penyelamatan gemilang atas peluang emas Eusebio, jika saja bola masuk ke gawang, Skor berubah menjadi 1-2 , keunggulan Benfica, dan bukan tidak mungkin MU gagal memenangkan partai krusial tersebut.

Baca juga:   Mewahnya Gaya Hidup Pemain Liga Inggris

Sepanjang 12 tahun membela Manchester United, Stepney mempersembahkan empat gelar, diantaranya European Cup, First Division (Sekarang Liga Primer Inggris), FA Cup, dan FA Charity Cup (sekarang FA Community Shield).

  • Edwin Van Der Sar
Edwin Van Der Sar Kiper Terbaik Manchester United

Yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi, bahkan bisa dikatakan namanya sebagai deretan Kiper terbaik Manchester United masih hangat diperbincangkan. Edwin Van Der Saar membela Manchester United pada periode 2005 sampai 2011. Meski periodenya terkesan singkat di Old Trafford, tapi yan bersangkutan berhasil mempersembahkan sukses yang cukup mentereng bagi klub raksasa di Liga Inggris Ini.

Kiper asal Belanda tersebut didatangkan Manchester United dari Fulham, dan pada awalnya banyak yang meragukan keputusan Sir Alex mendatangkan eks Kiper Juventus, mengingat usianya saat itu sudah cukup tua. Namun, Van Der Saar berhasil membuktikan bahwa dia layak berada diantara deretan kiper terbaik Manchester United dengan mengantarkan Setan Merah meraih gelar Juara Liga Primer Inggris empat kali, 1 titel Liga Champions Eropa dan sejumlah gelar bergengsi lainnya.

  • Harry Gregg
Harry Gregg kiper terbaik MU

Satu lagi kiper terbaik Manchester United yang pernah eksis di tanah Inggris dan seolah terlupakan, dia adalah Harry Gregg. Harry bergabung dengan Setan Merah hanya selang dua bulan setelah insiden jatuhnya pesawat yang mengangkut para pemain Manchester United menuju kota Munich, Jerman, memakan banyak korban termasuk 23 pemain MU. Meskipun terbilang gagal mempersembahkan trofi bagi Manchester United, tapi kehadiran Gregg sangat membantu kebangkitan klub tersebut pasca bencana tak terduga yang menimpa mereka.

Baca juga:   Deretan Gaji Pelatih Termahal di Liga Inggris

Gregg pada akhirnya meninggalkan Setan Merah di tahun 1966, selama sembilan tahun membela raksasa Premier League tersebut,dia sukses mencatat 247 penampilan di semua ajang.

  • Peter Schmeichel
Peter Schmeichel Kiper Terbaik Manchester United

Dan yang dianggap terbaik diantara kumpulan kiper terbaik Manchester United tidak lain adalah Peter Schmeichel. Pria asal Denmark ini membela Manchester United pada periode 1991 hingga 1999. Meski bisa dikatakan periode tersebut cukup singkat, tapi dampak dan kontribusi yang dicatatkan Schmeichel sungguh besar dan berkesan. Selama delapan tahun, ayah dari Kasper Schmeichel ini berhasil mempersembahkan 15 gelar juara bagi Manchester United.

5 Gelar Liga Primer Inggris, 4 Gelar Piala FA, 1 Trofi Piala Liga, 4 Titel FA Charity Cup, 1 gelar Liga Champions Eropa dan 1 trofi Piala Super Eropa. Yang paling fenomenal adalah saat Schmeichel mengantarkan MU meraih treble winner pertama di musim 1998/99.