kembali ke halaman depan

 

 

 

 

Jumat Kliwon, 11 Agustus 2006

 Ekonomi


15.000 Warga Buleleng Menganggur 

Singaraja (Bali Post) -
Sedikitnya
15 ribu warga Buleleng yang tergolong sebagai angkatan kerja masih tercatat menjadi pengangguran. Pemkab Buleleng berjanji membantu mencarikan akses untuk mendapatkan pekerjaan, termasuk bekerja di luar negeri.

Hal itu disampaikan Bupati Putu Bagiada dalam acara penyerahan bantuan penguatan modal usaha mandiri di Pemkab Buleleng, Kamis (10/8) kemarin.

Bagiada mengatakan jumlah penduduk Buleleng mencapai 612.000 jiwa, 430.000 tergolong sebagai angkatan kerja. Dari jumlah itu, 15.000 tercatat sebagai pengangguran. "Pengangguran ini terjadi karena berbagai faktor, seperti peluang kerja yang sedikit dan tenaga kerja di Buleleng tingkat pendidikannya masih kurang sehingga sulit bersaing dengan daerah lain," katanya.

Bagiada menyebutkan, belum lama ini ia sudah sempat mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri -- ke Amerika. Tenaga yang dikirim itu minimal memiliki keahlian berbahasa asing dan dilengkapi keterampilan bidang administrasi. Pemerintah melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Buleleng akan segera melakukan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja, termasuk pemberian modal kerja. (kmb15)

 

CUACA


ACARA TV & RADIO


Radio Global FM 99,15 (LIVE)