kembali ke halaman depan

 

 

 

 

Kamis Pon, 6 Mei 2004

 Politik


Golkar Menang

Jakarta (Bali Post) -
Hasil pemilu legislatif telah final. Hasilnya, di tingkat nasional Partai Golkar menang mengalahkan PDI Perjuangan yang lima tahun lalu memperoleh suara tertinggi. Keputusan KPU tersebut diambil dalam rapat pleno yang dihadiri pimpinan parpol, anggota Panwaslu serta pemantau pemilu.

Dari hasil perolehan jumlah kursi yang ditetapkan KPU itu, hanya tujuh parpol yang lolos ketentuan electoral threshold sebesar 3 persen dari jumlah total kursi DPR-RI atau sekitar 17 kursi dari 550 kursi DPR. Ketujuh parpol tersebut adalah Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Partai Demokrat, PKB, PAN, dan PKS.

Dengan demikian, sesuai UU No.12/2003 tentang Pemilu, hanya tujuh partai itulah yang bisa mengikuti Pemilu 2009. Sementara 17 parpol peserta Pemilu 2004 lainnya dipastikan tidak dapat mengikuti Pemilu 2009.

Sesuai UU No.23/2003 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, ketujuh parpol tersebut dapat langsung mengajukan calon pasangan presiden dan wakil presidennya tanpa harus bergabung dengan partai lainnya. UU tersebut menyebutkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden hanya dapat dicalonkan oleh parpol dan/atau gabungan parpol yang memperoleh kursi minimal 3 persen dari total jumlah kursi DPR-RI atau lima persen jumlah suara pemilu secara nasional. (kmb4)

 

CUACA


ACARA TV & RADIO


Radio Global FM 99,15 (LIVE)