kembali ke halaman depan

 

 

 

 

Jumat Wage, 3 Januari 2003

 Nusantara


TNI AL Tambah Dua Kapal Perang

Surabaya (Bali Post) -
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menambah lagi dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Layang (805) dan KRI Tenggiri, yang peresmiannya dilakukan Kasal Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Kamis (2/1) kemarin.

Ikut hadir, beberapa pejabat Mabes TNI AL di antaranya Asop Kasal Laksda TNI Leo Dumais, Pangarmabar Laksda TNI Djoko Sumaryono dan para Pangkotama TNI AL wilayah Timur. Kadispen Armatim, Letkol Giri Suroso Trilaksono, mengatakan, kedua kapal itu merupakan kapal patroli cepat. KRI Layang buatan PT PAL Indonesia.

Sedangkan KRI Tenggiri merupakan kapal eks MV Ardent Australia. KRI Layang merupakan kapal patroli yang dilengkapi dengan peralatan radar canggih dan meriam andalan kaliber 57 mm bofors buatan Swedia yang dapat dikendalikan melalui Central Informasi Combat (CIC).

Kapal dengan panjang 58,10 m dan lebar 7,60 m merupakan tipe FPB 57 NAV - V, yang berkecepatan maksimal 24 knot dan desain dari Lurssen Werf (Jerman) berbobot mati 423 ton. Kapal perang ini akan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan akan kapal patroli, yang berkaitan dengan keamanan wilayah yurisdiksi nusantara dari berbagai macam ancaman. ''Baik perompakan pencurian harta karun dan tindakan ilegal dalam upaya penanggulangan bahaya teroris yang menggunakan media laut yang mulai meningkat,'' katanya.

Menurut Kasal, alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki TNI AL saat ini pada umumnya berusia tua sehingga kemampuan tempurnya sudah menurun. Sementara itu, sepuluh tahun ke depan TNI AL berupaya untuk memenuhi 18 kapal tempur.

Dua kapal tempur pertama akan dibeli dari luar negeri. Selanjutnya akan dibuat di dalam negeri sebagai tambahan kekuatan armada laut. Di samping penambahan kapal patroli, pihaknya tetap mengedepankan adanya informasi intelijen lebih awal dari tiap peristiwa sehingga dapat ditindaklanjuti oleh TNI AL. (059)

 

CUACA


ACARA TV & RADIO


Radio Global FM 99,15 (LIVE)