kembali ke halaman depan
bunga2.gif (1033 bytes)  Minggu Kliwon, 18 April 2004 tarukan valas
 

BERITA


Tiga Parpol Tolak Teken Penetapan Suara Pemilu

Denpasar (Bali Post) -
Rekapitulasi penghitungan suara secara manual sebagai suara resmi parpol dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Bali di KPU Bali, Sabtu (17/4) kemarin berlangsung alot sejak pukul 10.00 sampai pukul 16.00 wita. Hal ini disebabkan tersendat-sendatnya pengiriman data manual dari KPUD kabupaten terutama dari Bangli dan Gianyar.

Sejumlah pengurus parpol yang membawa mandat sebagai saksi tampak kecewa dengan hasil penghitungan dan penetapan suara DPD dan DPRD Bali. Tercatat tiga parpol menolak meneken hasil penetapan suara tersebut. Ketua DPW Partai Bulan Bintang Bali, US Rafik, pengurus Partai Pelopor Ir. Mahardika, dan Iswandi, MBA dari PPP menolak menandatangani berita acara penetapan suara pemilu. Ini sebagai protes atas kinerja KPU yang terkesan merugikan partainya.

Ketua KPU Bali Drs. AA Oka Wisnumurthi, M.Si. yang memimpin rapat pleno penetapan suara itu tak mempersolkan adanya pengurus parpol yang tak menandatangani penghitungan suara pemilu. ''Mau menandatangani berita acara silakan, tak menandatangani juga tidak apa-apa,'' ujarnya.

Pengurus Partai Peolopor Ir. Nyoman Mahardika menyatakan keberatan menandatangani berita acara. Hal ini berkaitan berkurangnya suara partainya pada penghitungan suara di DP (Daerah Pemilihan) 5 Buleleng. Akibatnya caleg partainya untuk DPRD Bali batal mendapat kursi karena suara sisa. Suara sisa itu akhirnya jatuh kepada caleg nomor 5 DPRD Bali dari PDI-P Bali atas nama Kusuma Putra. Calon Partai Pelopor semula 10.700 berkurang menjadi 10.400. Sementara PDI-P sisa suaranya bertambah dari 10.400 menjadi 10.700.

Penambahan tiga ratus suara PDI-P itu, menurut Ketua KPUD Buleleng Ketut Rideng karena adanya penambahan suara di PPK Gerokgak dan Tejakula. Sementara Wisnumurti menganggap persoalannya sudah selesai. ''Jika masih ada keberatan silakan teruskan ke Panwaslu,'' ujarnya.

Panwaslu memberikan pengurus parpol menyampaikan keberatan dalam waktu seminggu setelah penetapan ini. Sementara batas akhir penetapan suara pemilu DPRD Bali pada 21 April mendatang. Pada penetapan hasil pemilu kemarin PDI-P di urutan pertama 1.001.715, Partai Golkar 346.936, Partai Demokrat 98.898, PKPB 72.894 dan PNI Marhaenisme 61.843. Sedangkan posisi calon anggota masih tetap I Wayan Sudirta, S.H. 245.343 suara, disusul Nyoman Rudana 157.475, Drs. Ida Bagus Agastia 131.700 dan Ida Ayu Agung Mas 123.961. (029)

 

 

ke atas

 
LIVE RADIO GLOBAL
Live Radio Global FM Kinijani

 

ACARA RADIO & TV

 

CUACA

www.bali-travelnews.com