Sepakbola tak dipungkiri merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di seluruh dunia dalam dua dekade terakhir. Olahraga yang satu ini memang tak hanya asik ditonton, tapi juga menyenangkan ketika dimainkan. Ketika bermain sepakbola hanya untuk tujuan mencari keringat atau bersenang-senang saja, tentu saja aturan yang ada tidak mengikat, tapi ketika sepakbola sudah mengarah ke jenjang professional, ada banyak peraturan dalam sepakbola yang harus dipenuhi setiap tim, pertandingan, dan stadion.

Aturan Sepakbola Sudah di Tentukan FIFA Sejak Dulu

Peraturan Sepakbola FIFA

FIFA adalah asosiasi sepakbola dunia yang sudah diakui eksistensinya sejak dulu, dan salah satu tugas mereka adalah menentukan banyak hal, termasuk diantaranya aturan dalam sepakbola professional yang menjadi standar berlangsungnya pertandingan atau kompetisi resmi.

aturan dalam sepakbola

Nah, FIFA sendiri sudah beberapa kali melakukan perubahan aturan dalam sepakbola professional, dan berikut ini setidaknya ada sejumlah Aturan Baru Dalam Sepakbola Professional.

Aturan Pada Lapangan Sepakbola

Peraturan lapangan sepakbola

Sebuah Lapangan Sepakbola dikatakan memenuhi standar untuk dijadikan tempat berlangsungnya pertandingan sepakbola resmi harus memiliki panjang minimal 90 Meter, dan maksimal 120 Meter. Sedangkan ukuran lebar minimal 45 Meter, dan maksimal 90 Meter.

Berbeda halnya dengan lapangan standar untuk pertandingan Internasional yang harus memiliki panjang minimal 100 meter dan maksimal 110 Meter. Sementara Lebarnya harus antara 64 Meter sampai 75 Meter.

Baca juga:   Inilah Perbedaan Sepakbola dan Futsal

Peraturan Bola Yang Digunakan

Bola yang harus digunakan dalam pertandingan sepakbola resmi harus memenuhi beberapa syarat berikut ,

  • Bentuk Bola harus Benar-Benar Bulat
  • Pembuatan bola harus menggunakan bahan-bahan berkualitas dan sudah teruji
  • Panjang dari lingkaran bola juga harus diantara 68 cm dan 70 cm.
  • Berat bola minimum 14 ons dan maksimal 16 ons.

Aturan Umum Pemain Sepakbola

  • Jumlah Pemain dalam pertandingan sepakbola professional harus 11 orang per satu tim, dan jika kurang dari 7 orang yang ada, pertandingan tidak bisa dimulai. Tak hanya itu, Laga juga otomatis akan dihentikan ketika salah satu tim kehilangan empat pemain karena cedera dari 11 pemain tersebut, dan tim itu praktis didiskualifikasi.
  • Dalam laga resmi FIFA, sebuah tim boleh melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali, tapi untuk laga non-FIFA, bisa dilakukan sampai 7 kali pergantian pemain, bahkan untuk laga persahabatan bisa lebih dari itu.
  • Pemimpin juga diwajibkan dalam setiap tim sepakbola dan mereka nantinya akan mengenakan ban kapten sepanjang pertandingan

Atribut Atau Aksesoris Pemain Sepakbola

  • Jersey adalah salah satu atribut wajib dalam sebuah pertandingan sepakbola, dimana masing-masing tim memiliki 3 Jersey Berbeda, sebagai identitas mereka di atas lapangan dan untuk membedakan mana kawan dan mana lawan. Dalam aturannya, FIFA melarang dua tim yang bertanding mengenakan jersey dengan warna atau corak yang serupa atau mirip.
  • Kaos Kaki juga diatur oleh FIFA, dalam hal ini sebuah tim harus menggunakan kaos kaki yang seragam atau paling tidak warna dan coraknya sama.
  • Sarung Tangan hanya diperbolehkan FIFA untuk digunakan oleh seorang penjaga gawang, terkecuali dalam sebuah pertandingan dengan cuaca dingin yang membuat para pemain kedinginan jika bertelanjang tangan.
  • Penutup Kepala masih boleh digunakan dalam sebuah pertandingan sepakbola, jika dalam kondisi tertentu seperti cedera.
  • Atribut atau Aksesoris yang dilarang keras FIFA cukup banyak, seperti anting, gelang dan kalung, adapun pelarangan ini diberlakukan FIFA karena dinilai bisa membahayakan pemain lain.
Baca juga:   Ini Dia Wanita Cantik Yang Pernah Dekat Dengan Cristiano Ronaldo