format Liga Champions

Perubahan dalam sebuah kompetisi sepakbola memang hal yang wajar terjadi, karena aturan maupun format bakal menyesuaikan pada perkembangan teknologi dan juga situasi di lapangan. Terlebih sekelas Liga Champions Eropa, kompetisi elit yang diikuti oleh para jawara eropa dan disaksikan jutaan pasang mata setiap pertandingannya. Dalam sejarah Liga Champions Eropa sudah beberapa kali menerapkan Aturan Format baru Liga Champions, tentu saja dibawah kesepakatan UEFA selaku penggagas dari kompetisi tahunan tersebut. Tak terkecuali di tahun ini, ada beberapa aturan format baru dari kompetisi tersebut. Nah, berikut ini adalah Aturan Format terbaru Liga Champions Eropa yang sudah diumumkan UEFA sejak tahun 2017 lalu.

  • Pergantian Pemain
format pergantian pemain di Liga Champions

Di musim-musim sebelumnya, UEFA hanya memperbolehkan tiga pergantian pemain setiap pertandingannya, tak terkecuali di babak gugur. Namun, karena ada banyaknya saran yang masuk ke Komite Liga Champions Eropa, akhirnya UEFA sepakat untuk mengubah aturan tersebut. UEFA mengadopsi aturan dari ajang Piala FA yang memperbolehkan pergantian pemain sebanyak empat kali dalam satu pertandingan babak gugur, dengan syarat pertandingan tersebut memasuki babak perpanjangan waktu karena hasil imbang yang belum menghasilkan pemenang laga.

Tentu saja aturan ini menguntungkan bagi setiap peserta, karena bagaimanapun sulit bagi seorang pemain mempertahankan stamina dan kebugaran mereka dalam 120 menit pertandingan.

  • Jumlah pemain
Baca juga:   5 Klub Peraih Scudetto Terbanyak Liga Italia
aturan format Liga Champions

Biasanya, tim utama dari sebuah klub sepakbola terdiri dari 30 pemain, 11 pemain utama dan sisanya adalah pemain cadangan. Namun begitu, selama ini ajang liga Champions Eropa hanya mengizinkan setiap peserta membawa 18 pemain saja yang terdiri dari 11 pemain utama dan hanya tujuh pemain cadangan. Namun berdasarkan peraturan Format terbaru Liga Champions Eropa yang diumumkan UEFA beberapa waktu lalu, setiap tim diperbolehkan membawa 23 pemain ke ajang tahunan ini. Artinya setiap klub bisa membawa tak kurang dari 12 pemain cadangan.

  • Jadwal Kick Off Pertandingan Liga Champions

Selama beberapa tahun terakhir ini, kompetisi Liga Champions Eropa sudah memiliki jadwal tersendiri untuk setiap pertandingannya. Biasanya pertandingan akan digelar pada pukul 18.45 waktu setempat atau pukul 02.45 WIB, namun mulai kampanye musim ini, pertandingan fase gugur yang terbagi jadi dua laga per hari , digelar pada 17.55 dan 20.00 Waktu Setempat, atau pukul 01.55 dan Pukul 04.00 WIB. Tentu saja, perubahan jadwal kick off dan jadwal pertandingan Liga Champions ini membuat sejumlah klub harus menyesuakn diri.

  • Pendaftaran Pemain Baru
aturan dan format baru Liga Champions

Sebelumnya, UEFA hanya mengizinkan setiap kontestan di ajang Liga Champions Eropa untuk mendaftarkan skuat final mereka setelah bursa transfer musim panas. Artinya, pemain yang bergabung dengan klub kontestan kompetisi tahunan ini pada bursa transfer musim dingin, di pertengahan musim , tidak bisa didaftarkan lagi, karena namanya masih terdaftar di klub sebelumnya. Kasus ini pernah menimpa Barcelona yang tidak bisa mendaftarkan gelandang Brazil, Philippe Coutinho saat mendatangkan eks Inter Milan itu dari Liverpool pada bursa transfer musim dingin tahun 2018 kemarin. Tapi dipastikan, aturan baru dari UEFA yang mulai berlaku musim ini memperbolehkan pendaftaran pemain baru yang didatangkan pada pertengahan musim.

Baca juga:   Ternyata Begini Sejarah Berdirinya Serie A Italia

Adapun empat format baru Liga Champions di atas juga berlaku pada ajang sekunder UEFA yang kita kenal dengan sebutan Liga Europa. Hanya saja khusus untuk Liga Champions Eropa ada satu tambahan aturan dan format , yang tak lain penambahan badge pada tim yang berhasil memenangkan gelar juara Liga Europa dalam tiga edisi beruntun.