kembali ke halaman depan

 

 

 

 

Jumat Umanis, 30 Maret 2007

 Bali


Positif Flu Burung

Ribuan Unggas Dimusnahkan--

Negara (Bali Post) -
Penyelundupan unggas ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk tetap marak. Dalam dua hari ribuan unggas berhasil diamankan. Dari hasil tes yang dilakukan, unggas tersebut positif flu burung.

Atas temuan itu, Kamis (29/3) kemarin unggas tersebut dimusnahkan. Ribuan unggas itu diamankan pada Selasa (27/3) malam dan Rabu (28/3) malam lalu.

Bali Post/ap
DIMUSNAHKAN - Ribuan ayam yang diselundupkan lewat Pelabuhan Gilimanuk dimusnahkan Kamis (29/3) kemarin karena terjangkit flu burung

Kepala Balai Karantina Hewan Bali Ketut Diarmika didampingi Kasubdin Kesehatan Hewan Propinsi Bali Ketut Suarda dan Penanggung Jawab Karantina Gilimanuk Nyoman Budiarta mengatakan, unggas yang dimusnahkan sebanyak 2.707 ekor di antaranya ayam jago 500 ekor, entok 200 ekor, ayam potong 2.000 ekor dan kelinci 7 ekor. Unggas tersebut milik Abdul Karim yang diangkut menggunakan Colt N 7002 MU.

Sementara pada Rabu (28/3) malam lalu juga diamankan 45 ekor ayam potong milik Supani dari Banyuwangi. ''Jadi dari beberapa sampel unggas yang kami tes ternyata positif, sehingga kami tidak mau ini menimbulkan risiko yang lebih parah dan terpaksa kami musnahkan semua,'' katanya.

Budiarta juga menambahkan, pihaknya menduga para pemilik unggas tersebut berusaha memanfaatkan situasi macet di Ketapang dan Gilimanuk akibat cuaca buruk untuk menyelundupkan unggas tersebut.

Budiarta juga menegaskan, pihaknya merasa gerah karena para penyelundup unggas tersebut berusaha mengecoh petugas di malam hari. ''Namun, syukurlah kami dibantu aparat terkait lainnya sehingga bisa diamankan,'' jelasnya.

Sementara itu dari pengamatan, selain unggas yang dimusnahkan, tempat yang dipakai menampung unggas yang terbuat dari bambu juga ikut dimusnahkan. Setelah unggas-unggas yang hidup disembelih dan dikumpulkan dalam satu lubang besar, ribuan unggas dan tempatnya kemudian dibakar. (kmb)

 

CUACA


ACARA TV & RADIO


Radio Global FM 99,15 (LIVE)