klub yang paling sering masuk final liga champions

5 Profil Klub Langganan Final Liga Champions Eropa

Bicara tentang Liga Champions Eropa memang tidak ada habisnya, mengingat kompetisi tahunan tersebut harus diakui memiliki sejarah yang cukup panjang dan sejak dulu memang jadi kompetisi Prestius yang gelar juaranya selalu diperebutkan tim papan atas eropa. Memiliki skuat bertabur pemain bintang tak lantas jadi jaminan bagi tim sepakbola untuk memenangkan kompetisi tahunan ini, dan banyak yang sudah membuktikan hal tersebut. Tapi bukan berarti menembus babak final juga hal yang sulit karena selain kualitas dan konsistensi, keberuntungan juga terkadang sangat diperlukan.

Melangkah Ke Final Bukan Perkara Yang Mudah

Melangkah ke babak puncak kompetisi tahunan ini memang tidak pernah mudah, ketika sudah memiliki kedalaman skuat yang bagus, keberuntungan juga sangat dibutuhkan sebuah klub sepakbola untuk bisa melaju ke partai final. Nah, beberapa klub ini, tercatat sebai langganan Final di ajang Liga Champions Eropa. Siapa saja mereka ? Berikut Profil 5 Klub Langganan Final Liga Champions Eropa.

  • Real Madrid – 16 Final (13 Kali Juara)

Real Madrid Club de Futbol atau Real Madrid CF adalah salah satu klub sepakbola La Liga Spanyol yang berbasis di Kota Madrid. Klub berjuluk Los Blancos ini sudah terbentuk sejak tahun 1902 atau 116 tahun silam dengan nama Madrid Football Club.

Baca juga:   10 Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions Dari Tahun ke Tahun
Real Madrid Final Liga Champions

Sejak baru berdiri, Real Madrid memang sudah ditentarai banyak pemain hebat, dalam sejarahnya mereka punya Perenc Puskas, Alfredo Di Stefano, Hugo Sanchez dan masih banyak lagi. Setiap generasinya, tim yang bermarkas di Estadio Santiago Bernabeu ini selalu memiliki skuat yang berisikan pemain-pemain kelas dunia. Tak heran jika Madrid berhasil melaju ke babak final di 16 kesempatan berbeda, dan hanya gagal juara di 3 kesempatan diantaranya. Terakhir kali mereka melaju ke Final Liga Champions Eropa adalah di musim 2017/18 kemarin dan berhasil menang atas Liverpool di Final dengan skor masif, 4-1.

  • AC Milan

Associazione Calcio Milan atau yang kita kenal dengan nama AC Milan, awalnya adalah Milan FC yang kemudian terpecah menjadi dua bagian karena adanya konflik gagasan di era awal sebelum Serie A italia digulirkan, menjadi AC Milan Inter Milan. Jika dihitung dari awal, AC Milan sendiri terbentuk sejak 1899. Klub yang bermarkas di Stadio San Siro, di Kota Milan ini sekarang ditangani salah satu legenda mereka, Gennaro Gattuso.

Final Liga Champions AC Milan

Dalam sejarahnya, AC Milan memang tercatat sebagai tim Italia tersukses di Liga Champions Eropa lantaran pernah juara sebanyak 7 kali pada kompetisi tahunan tersebut. Secara keseluruhan, klub berjuluk Rossoneri ini tercatat sudah 11 kali menembus babak final Liga Champions Eropa dan empat kali gagal juara, salah satunya di tahun 2005 silam.

  • Bayern Munchen
Baca juga:   Sejarah Liga Champions Eropa

Football Club Bayern Munchen atau yang dikenal dengan sebutan singkat, FC Bayern Munchen atau FCB, adalah klub sepakbola Bundesliga Jerman yang berbasis di kota Munich , Jerman. Klub dengan markas kebanggaan Allianz Arena ini sejatinya sudah berdiri sejak tahun 1900.

Bayern Munchen Final Liga Champions

Berjuluk Die Roten, klub juara bertahan Bundesliga Jerman ini sekarang ditangani oleh pelatih asal Kroasia, Niko Kovac. Di ajang Liga Champions Eropa, Bayern adalah yang terbaik diantara klub Jerman yang lainnya dengan koleksi 5 trofi juara, dan total 10 kali melaju ke babak final turnamen tahunan ini.

  • Liverpool FC

Liverpool Football Club atau Liverpool FC, sudah terbentuk sebagai klub sepakbola secara resmi pada tahun 1892 silam, dan bisa dikatakan Tim Marseyside ini adalah yang tertua dalam daftar ini. Liverpool memiliki markas kebanggaan bernama Anfield, yang selalu jadi venue laga kandang mereka sejak dulu. Saat ini , Liverpool ditangani manajer asal Jerman, Jurgen Klopp.

Terakhir kali, Liverpool juara Liga Champions Eropa di tahun 2005 silam, sedangkan terakhir kali melaju ke Final di tahun 2007 silam. Total secara keseluruhan mereka telah mencicipi delapan laga final di ajang Liga Champions Eropa.

  • Barcelona

Futbol Club Barcelona, lebih sering dikenal dengan nama singkat FC Barcelona, adalah klub La Liga Spanyol yang berbasis di Kota Catalonia. Meski popularitas mereka baru mengalami peningkatan signfikan dalam dua dekade terakhir ini, tapi faktanya sejak lama Barcelona memang sudah bisa bersaing dalam perburuan gelar juara major, termasuk Liga Champions Eropa.

Baca juga:   Deretan Pemain Paling Sukses di Liga Champions

Klub yang berdiri sejak tahun 1899 ini memiliki markas kebanggaan Estadio Camp Nou, dan faktanya skuat arahan Ernesto Valverde sudah mencicipi delapan laga final Liga Champions Eropa dan lima kali menjadi juara.