Legenda Manchester United

Beberapa tahun terakhir, Manchester United memang kesulitan dalam bersaing di kompetisi major seperti Liga Primer Inggris dan Liga Champions Eropa. Situasi sulit ini sudah dirasakan raksasa Premier League tersebut sejak ditinggalkana manajer legendaris Manchester United mereka, Sir Alex Ferguson pada tahun 2013 silam. Meski demikian, Klub Sepakbola berjuluk Setan Merah itu sejatinya sudah dianggap sebagai salah satu klub tersukses di Inggris, bahkan faktanya mereka adalah klub tersukses dalam sejarah Era Liga Primer Inggris.

Bicara era sukses Manchester United, ada banyak pemain bintang yang berperan dibaliknya, mereka sudah dianggap sebagai legenda klub. Dan berikut ini adalah 5 Pemain bola paling Legendaris di Manchester United.

  • Sir Bobby Charlton
pemain legendaris MU

Legenda Besar pemain Mancester United yang bakal terus dikenang karena kontribusinya yang luar biasa bagi klub, Sir Bobby Charlton. Sosok yang satu ini memang sangat layak berada dalam daftar teratas pemain Legendaris Manchester United. Bagaimana tidak ? Sir Bobby Charlton yang membela Manchester United selama 17 tahun tepatnya periode 1956 hingga 1973 telah mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi untuk klub. Diantaranya, tiga gelar First Division (Sekarang Premier League), Satu Piala FA, 4 Trofi Charity Cup, 1 Trofi European Cup (sekarang Liga Champions Eropa) dan 3 trofi FA Youth Cup. Dia juga pernah memuncakki daftar top skorer sepanjang masa klub, sebelum kemudian rekor itu dipecahkan Wayne Rooney.

  • Ryan Giggs
pemain sayap terbaik MU

Harus diakui bahwa Ryan Giggs merupakan salah satu pemain legenda di Manchester United, tidak hanya soal komitmennya dengan Setan Merah tapi juga karena kontribusinya selama berkostum MU. Legenda asal Wales ini sudah menjadi bagian dari Manchester United sejak tahun 1990 silam, bisa dikatakan dia adalah salah satu penghuni pertama dari Class of ’92 yang terkenal belakangan ini. Sebelum menutup karirnya di lapangan hijau pada tahun 2014 silam, Giggs telah mencatatkan 963 caps dan 168 gol untuk MU. Sepanjang periode tersebut juga, dia sukses persembahkan 33 gelar juara untuk United, 13 diantaranya adalah gelar juara Liga Primer Inggris.

  • Paul Scholes
Legenda gelandang serang Manchester United

Kendati belakangan menjadi pandit sepakbola dan kerap mengkritik penampilan Manchester United, Paul Scholes tetap dianggap sebagai salah satu legenda besar klub yang turut berperan dalam era sukses Sir Alex Ferguson dalam menguasai klasemen Liga Inggris. Menariknya, Scholes membela Setan Merah dalam dua periode berbeda, periode pertama antara tahun 1993 sampai 2011, sedangkan periode keduanya berlangsung di musim 2012/13. Sepanjang dua periode tersebut, Scholes berhasil menorehkan 718 caps dan mencetak 155 gol diantaranya. Dia juga berkontribusi atas 11 gelar Premier League yang dimenangkan Setan Merah juga 14 gelar lainnya.

  • Wayne Rooney
legenda penyerang manchester united

Wayne Mark Rooney, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Wayne Rooney, adalah satu-satunya legenda Manchester United dalam daftar ini yang masih aktif bermain sampai sekarang. 13 tahun lamanya Rooney membela Manchester United, tepatnya pada periode 2004 sampai 2017 lalu. Dia didatangkan dari Everton saat masih berusia 17 tahun. Selama 13 tahun tersebut, Rooney berhasil mencapai banyak hal, termasuk predikat top skor Liga Inggris sepanjang masa klub dengan 236 gol di semua ajang, dan persembahkan 16 gelar juara untuk Setan merah, lima diantaranya adalah gelar Liga Primer Inggris.

  • David Beckham
Legenda pemain tengah Manchester United

Meski tak seperti Scholes atau Ryan Giggs, David Beckham yang dikenal sebagai penendang Free Kick terbaik di Era nya, tetap layak dianggap sebagai pemain Legendaris Manchester United. Yang bersangkutan membela Manchester United selama sembilan musim , mulai 1994 sampai tahun 2003. Sepanjang periode tersebut, sebanyak 13 gelar juara dipersembahkan Beckham untuk MU, termasuk enam gelar Liga primer Inggris.