klub peraih scudetto

Liga Italia memang tidak lagi populer seperti di Era 90-an , namun demikian bukan berarti kompetisi utama di negeri Pizza ini tidak menarik untuk disaksikan. Sebagian orang menganggap kompetisi Liga Italia dipenuhi dengan tim-tim yang memiliki pertahanan solid, termasuk diantaranya sang juara bertahan Juventus. Bicara soal Serie A italia, Berikut ini adalah 5 Klub Peraih Gelar Scudetto Terbanyak di Liga Italia.

  • Juventus
tim peraih scudetto paling banyak

Juventus benar-benar mendominasi dalam perburuan gelar Scudetto selama tujuh tahun terakhir ini, sebagaimana tim besutan Max Allegri berhasil mempertahankan gelar tahunan tersebut secara beruntun dan berhasil mendominasi klasemen Liga Italia selama peridoe tersebut. Meski begitu, faktanya juga mereka adalah pemegang gelar terbanyak dalam sejarah Serie A italia itu sendiri. Sejauh ini sudah 34 gelar juara yang dikoleksi klub yang bermarkas di Kota Turin ini. Pertama kali gelar tersebut mereka menangkan di tahun 1905, dan rekor beruntun dicatatkan sejak 2011 hingga 2018 kemarin. Namun , dua dari 34 gelar yang dimenangkan Juventus masih ambigu, pasalnya kedua gelar tersebut ditarik FIGC menyusul kasus calciopoli yang terungkap pada tahun 2007 silam.

  • AC Milan
klub peraih scudetto terbanyak

Di ajang Liga Champions Eropa, taring AC milan tak perlu diragukan lagi, sebagaimana mereka berhasil memenangkan tujuh gelar di kompetisi tahunan tersebut, atau yang terbanyak diantara tim-tim Italia lainnya. Tapi di kancah domestik, prestasi Rossoneri masih terlampau jauh dari juventus. Jika Bianconneri berhasil mengoleksi 34 gelar juara, Milan sendiri hanya mengoleksi setengahnya saja, atau 18 gelar juara. Tentu saja sulit untuk mengejar jumlah tersebut, apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini AC milan mengalami kemunduran, dan sulit bersaing dalam perburuan Scudetto.

  • Inter Milan
Baca juga:   Ternyata Begini Sejarah Berdirinya Serie A Italia
Intermilan Meraih Scudetto

Sejak pertama kali memenangkan Scudetto di musim 1909/1910, Inter Milan sejauh ini sudah mengoleksi 18 gelar juara di ajang Serie A italia. Terakhir kali mereka memenangkan gelar tersebut di musim 2009/10. Sampai sekarang, inter tidak hanya sekedar sulit bersaing dalam perburuan Scudetto, tapi juga sulit menembus empat besar klasemen akhir Serie A italia. Musim kemarin adalah musim pertama mereka dalam enam musim terakhir berhasil finish di empat besar klasemen akhir. Walau demikian, inter Milan cukup berprestasi di kancah Eropa dengan total tiga gelar Liga Champions Eropa yang sudah mereka menangkan sejauh ini.

  • Genoa

Saat ini, Genoa memang hanya dikenal sebagai salah satu tim papan tengah di ajang Serie A italia, tapi faktanya di masa lalu mereka adalah salah satu klub sepakbola terbaik di Liga Italia. Total Genoa sudah mengoleksi tak kurang dari 9 titel Scudetto, yang antara lain dimenangkan pada tahun 1898, 1899, 1900, 1902, 1903, 1904, 1914–15, 1922–23, dan terakhir di musim 1923-24. Kejayaan genoa sampai saat ini masih belum kembali, dan memang harus diakui mereka sulit bersaing jangankan di papan atas klasemen Liga Italia, tapi juga di 10 besar. Adapun pada kampanye musim 2017/18 kemarin, Genoa hanya finish di posisi ke-12.

  • Torino
Baca juga:   5 Pemain Bertahan Terbaik Liga Italia Dalam Sejarah

Dan terakhir ada Torino, rival sekota Juventus ini memang belum lama menjalani periode promosinya di Serie A italia, padahal dulu mereka adalah salah satu pesaing ketat Bianconneri dalam perburuan titel Scudetto. Total sudah tujuh trofi dimenangkan Torino di ajang Serie A italia sejauh ini. Trofi pertama dimenangkan pada musim 1926/27, sedangkan trofi terakhir dimenangkan pada musim 1975/76. Sekarang, sulit bagi Torino untuk memenangkan kembali gelar tahunan tersebut. Musim kemarin, mereka bahkan finish di posisi ke-9 pada klasemen akhir Serie A italia.